4 Hal Yang Harus Diketahui Pria, Sebelum Menikahi Seorang Wanita

Pernikahan merupakan suatu perjanjian dan ikatan suci yang menyatukan pasangan kekasih untuk saling halal menghalalkan dalam syariat Agama Islam melalui jalan pernikahan, menikah merupakan salah satu sunnah dari Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Menikah adalah anugerah dan memberikan kebahagiaan serta dapat menentramkan jiwa bagi setiap pasangan, karena tidak ada halangan baginya untuk saling berkasih sayang, karena mereka telah halal keduanya.

Dengan jalan menikah akan mendapatkan keberkahan-keberkahan dari Allah SWT, satu diantaranya ialah rezeki yaitu Mendapatkan keturunan. Setiap orang yang ingin menikah tak lain dan tak bukan tujuannya adalah untuk mendapatkan anak-anak yang soleh dan soleha yang dihasilkan dari benih-benih cinta dan kasih sayang mereka di dalam pernikahan.


Berbahagialah seorang wanita jika ada pria yang berniat untuk melamr dan menikahinya, dan berbangga pula lah menjadi seorang pria karena karena ingin mengambil jalan pernikahan untuk terhindar dari perbuatan-perbuatan dosa maksiat, dan pernikahan tersebut bukan semata-mata hanya untuk memenuhi nafsu syahwat saja, melainkan menjalankan ibadah dan sunnah.

Jika seorang pria telah cukup umur, fisik dan mental dan mempunyak rezeki (pekerjaan atau usaha) untuk menikah dengan seorang wanita, maka dalam hal ini seorang pria harus mengetahui bagaimana cara memilih wanita yang akan di nikahinya berdasarkan hadist Rasullullah SAW yang telah di riwayatkan oleh Bukhari Muslim, bahwa Rasullullah bersabda ‘’ Wanita itu di nikahi oleh 4 perkara, yang pertama karena hartanya, yang kedua karena kedudukannya, yang ketiga karena kecantikannya dan yang ke empat karena agamanya, maka hendaklah kamu seorang pria untuk memilih wanita yang baik agamanya, niscaya kamu akan menjadi orang yang beruntung’’.

Pesan dari Hadist yang telah disampaikan diatas bermakna, ‘’Jangan menikahi seorang wanita itu karena hartanya, wajah dan keturunannya. Namun carilah dan menikahlah dengan wanita yang baik ilmu dan agamanya, karena wanita tersebut akan menjadi ibu bagi anak-anakmu kelak.

Mengapa sangat penting dan di anjurkan memilih wanita berdasarkan ilmu dan Agamanya, karena dengan Agama engkau akan mendapatkan segala-galanya yaitu harta dan kekayaan, wanita yang dipilih karena Agamanya akan membuatmu menjadi orang yang beruntung karena nafkah yang engkau beri akan di gunakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariat dengan ilmu agama yang ia miliki, Isterimu akan pandai mengatur keuanganmu, dan dalam setiap aktifitas pekerjaan atau usahamu ada istri yang soleha selalu mendoakanmu.

Memilih wanita yang akan engkau nikahi karena ilmu dan agamanya akan memberikan pandangan yang menyejukkan di matamu dan menentramkan hatimu, setiap kamu memandang wajah isterimu, karena ilmu dan agamanya membuat ia terlihat sangat cantik, tidak hanya dari paras wajahnya saja namun juga dari hati dan perlakuannya terhadap suami. Seorang wanita yang di pilih karena ilmu dan agamanya akan menjaga kehormatan (aurat) dirinya, suami dan keluarganya untuk terhindari dari berbagai prasangka dan fitnah, suaminya akan merasa aman ketika keluar dari rumah untuk bekerja atau berjualan. Dan sepulangnya mencari rezeki isteri akan menyenangkan hati suami dengan membuat makanan dan minuman yang enak bagi suaminya, tentu saja perlakuan itu dapat menghilangkan rasa penat dan letih seorang suami setelah lelahnya seharian bekerja ataupun berjualan.

Baca Juga : Ketika Aku Telah Siap namun Tak Ada Seorang Wanita pun yang Ingin Menikah Denganku 

Engkau akan menjadi lelaki yang sangat beruntung di Dunia dan Akhirat karena telah menjadikan seorang wanita sebagai isterimu berdasarkan ilmu dan agamanya. Hadist ini di riwayatkan oleh Muslim, bahwa Rasullullah SAW terlah bersabda yang artinya ‘’Apabila salah seorang anak adam telah meninggal dunia, maka terputuslah amalan-amalanya, kecuali tiga amalan yaitu: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa dari anak-anak yang soleh dan soleha. Wanita yang dipilih karena ilmu dan agamanya maka akan menjaga dan mendidik keturunan-keturunan dari benih-benih cinta kalian didalam pernikahan untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Tak kalah pentingnya memilih wanita berdasarkan agamanya adalah dia tidak akan memberatkan kamu untuk melamarnya, karena ilmu dan agamanya, karena sesungguhnya ia mengetahui bahwa Rasullullah bersabda dalam hadistnya ‘’Pernikahan yang paling keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya’’ (HR. Ahmad). Pada masa sekarang ini banyak laki-laki yang di tolak lamarannya karena mahar nya dianggap terlalu mudah.  Kita disunnakan untuk meringankan mahar dan tidak memahalkan mas kawin. Bahkan dalam riwayat lain di jelaskan bahwa ‘’Wanita yang paling tinggi keberkahannya adalah wanita yang menetapkan ringan maharnya’’. Mahar berlebihan dan membenani akan mengurangi keberkahan suatu pernikahan.

Baca Juga : Cara Menjadi Suami Idaman Bagi Istri, Lakukan 7 Langkah Langkah Berikut ini 

Semoga setiap pria yang hendak memilih seorang wanita melihat pada agamanya, agar mereka tidak menjadi orang-orang yang merugi, apa jadinya mempunyai seorang istri yang banyak hartanya, cantik dan keturunan dari orang-orang ternama tapi buta dengan ilmu Agamanya. Akan tetapi jika engkau memilih karena Agamanya maka sesungguhnya engkau telah mendapatkan segala-galanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel