Al Quran Sebagai Petunjuk Pernikahan

Kehidupan dalam berumah tangga bukanlah perjalanan yang lurus dan mulus saja tanpa ada hambatan. Terkadang masalah rumah tangga yang muncul sangat banyak dan dirasa sangat berat. Dalam kehidupan rumah tangga yang bergelimangan dengan berbagai masalah, adakah waktu yang sempat untuk menilik kebahagiaan ?, bukankah kebahagiaan tidak akan terjamah tanpa ketenangan batin? Namun, kita tentu tahu bahwa bathin yang teluntalunta hanya dapat dirddan dengan indahnya ayat-ayat Al Quran.

Al Quran adalah peneduh hati yang nyaman karena berisi sebaik-baiknya perkataan. Sebab, Al Quran diturunkan pada bulan suci Ramadhan yang penuh dengan keberkahan-keberkahan kepada Rasulullah Muhammad SAW, sang kekasih Allah SWT. Maka bagi siapapun yang membaca, mendengar bacaan dan megkaji ayat-ayat suci Al Quran, niscaya menjadi tenang hatinya.


Allah SWT berfirman yang artinya:
‘’Allah SWT telah menurunkan perkataan-perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudia menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu dia memberika petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa dibiarkan sesat oleh Allah, maka tidak seorangpun yang dapat memberi petunjuk .’’ (QS. Az Zumar: 23).

Pernahkan kita merasakan ketenangan batin dari ayat-ayat Al Quran? Pernahkan kita bersentuhan dengan ayat-ayat yang menjadi pegangan hidup? Pernahkan kita menjadikannya sebagai pedoman dalam menjadi kehidupan yang semakin terasa berat ini?

Bersentuhan dengan Al Quran haruslah kita jaga sebaik mungkin, baik dalam bentuk membaca, mendengar bacaan, mengkaji maupun mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Manakala interaksi terhadap Al Quran sudah baik, maka mendegar bacaan Al Quran saja sudah membuat keimananmu bertambah kuat yang berarti lebih dari sekedar ketenangan jiwa.

Allah SWT berfirman yang artinya:
‘’Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah maka gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka Ayat-Ayat Allah, bertamba (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakal’’. (QS. Al Anfal:2).

Baca Juga : Keindahan Dalam Pernikahan

Dengan bertawakal jiwa menjadi tenang, itulah makanya kehidupan berumah tangga akan mampu di jalani dengan baik dan bahagia. Oleh karenanya baik dan tidak sesuatu seringkali berpangkal dari persoalan mental atau jiwa. Karena itu Allah SWT memanggil orang yang jiwanya tenang untuk masuk ke surganya.

Allah SWT berfirman yang artinya:
‘’Wahai jiwa yang tenang kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba ku dan masuklah ke dalam surga-Ku’’. (QS. AL Fajr: 27-30).

Kita bertanggung jawab untuk memantapkan ketenangan dalam jiwa kita sehingga rumah tangga yang kita jalani dapat berjalan sesuai dengan tujuan awal kita. Ya, kebahagiaanlah yang akan menyertai kehidupan orang-orang yang bertakwa.

Ada banyak manfaat jika kita mengkaji atau mempelajari Al Quran. Orang yang terbaik di antara manusia adalah orang yan mau mempelajari dan mengajarkan Al Quran.

Rasulullah SAW bersabda:
‘’Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan yang mengajarannya’’. (HR. Bukhari)

Orang yang terbaik di dunia ini bukanlah orang-orang yang mempunyai derajat dan jabatan tinggi, bukan pula orang yang memiliki harta kekayaan yang berlebihan. Tetapi, orang terbaik di sisi Allah SWT adalah orang yang mau belajar Al Quran dan mengajarkannya kepada orang lain.

Baca Juga : Membangun Rumah Tangga di Bawah Pernikahan

Menjadi orang baik tentu membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. Sedikit kesusahan karena banyak yang mau membantu. Berbeda jika sebaliknya (tidak baik) maka sedikit bahkan tidak ada yang mau membantu jika kita dalam keadaan susah.

Sebaik-baik orang adalah orang yang mau mengamalkan apa yang diketahuinya. Menjadikan Al Quran sebagai pegangan dan pedoman dalam berumah tangga akan menenagkan hati dan pikiran dan membuat rumah tangga menjadi bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel