Cara Backup Postingan di Blogger menuju Wordpress

Cara backup postingan di Blogger bisa menjadi cara untuk menyelamatkan postingan yang selama ini sudah Anda buat. Terhapusnya postingan di blogger bisa terjadi ketika ketika Anda tidak mematuhi TOS atau aturan yang diberikan oleh blogger.com. Beberapa dari Anda mungkin tidak sengaja melakukannya karena tidak memahami benar setiap poin dari aturan yang diberikan.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa melakukan cara-cara tertentu agar postingan blog Anda tetap aman dari penghapusan. Bayangkan saja, jika tanpa Anda sadar, Anda telah melanggar TOS dan kemudian tiba-tiba artikel yang selama ini Anda posting hilang begitu saja. Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?


Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengantisipasi hal ini, padahal sangat sederhana. Caranya adalah dengan melakukan backup blog secara berkala ke platform lain, seperti Wordpress. Meskipun ada platform lain, tapi Wordpress menjadi pilihan yang tepat karena dirasa lebih familiar dan mudah dioperasikan.

Cara Backup Postingan di Blogger

Seperti yang telah disebutkan jika untuk mengantisipasi terhapusnya postingan di blog, Anda bisa melakukan backup postingan. Cara pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu setelah pada blog Anda. Selanjutnya, klik Lainnya dan kemudian pilih Ekspor Blog. Langkah terakhir adalah Anda tinggal menyimpan postingan di komputer. Mudah, bukan? Cara ini sangat mudah dilakukan dan disarankan untuk dilakukan secara berkala.

Cara tersebut, bisa Anda lakukan secara rutin atau berkala sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika Anda ingin memindahkan blog langsung ke wordpress tanpa harus menunggu dihapus google, maka Anda cukup melakukannya sekali saja. Dengan demikian, Anda tidak akan kehilangan artikel yang sudah Anda posting selama ini.

Setelah melakukan langkah tersebut, Anda mungkin akan bertanya langkah selanjutnya. Sebenarnya, tidak ada langkah khusus yang harus dilakukan karena hal ini merupakan antisipasi sehingga langkah selanjutnya dilakukan apabila blog Anda terkena musibah atau dihapus oleh google. Meskipun tidak ada yang mengharapkan hal ini, tapi jika memang terjadi, Anda bisa melakukan backup ke tempat lain yang lebih aman.

Cara Memindahkan Postingan Blog ke Wordpress

Apabila blog Anda mengalami musibah karena terhapus oleh google, maka langkah selanjutnya setelah cara backup postingan di Blogger adalah memindahkannya ke Wordpress. Terdapat beberapa langkah yang harus Anda ikuti, mulai dari sewa web hosting hingga impor postingan. Pembahasan lebih detailnya akan Anda dapatkan di bawah ini.

Baca Juga : Tak Hanya untuk Bisnis, Inilah Alasan Penting Memiliki Blog

Sewa web hosting diperlukan untuk menyimpan blog agar nantinya bisa diakses melalui internet. Setelah mendapatkan web hosting, tambahkan domain sesuai dengan keinginan. Lalu, instal Wordpres pada hosting Anda. Pastikan Anda menginstal Wordpress pada alamat domain yang akan Anda pindahkan. Jangan lupa untuk melakukan setting nameserver domain untuk mengarahkan domain yang digunakan di blogspot ke web hosting baru.

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting URL permalink baru setelah itu melakukan impor posting. Pertama Anda harus menconvert file .xml yang berisi backup postingan menjadi .xml versi wordpress. Jika convert sudah selesai dilakukan, Anda pun bisa melakukan aktivitas blogging seperti biasa.

Blog yang terhapus pastinya akan memberikan dampak negatif bagi Anda. Akan tetapi, dampak negatif ini bisa diminalkan dengan antisipasi yang telah kita bahas sebelumnya. Anda pun bisa melakukan cara backup postingan di blogger secara rutin untuk menjaga postingan agar tetap aman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel