Waspada! Berikut Ini 4 Bahaya Bermain Game Online Yang Wajib Anda Ketahui

Di era yang serba modern ini, bermain game online memang menjadi trend tersendiri tanpa mengetahui apa bahaya bermain game online tersebut. Tak bisa dipungkiri apabila kini, game online seakan menjadi hiburan yang wajib oleh banyak orang. Hal ini tidak lain karena kemudahan untuk memainkan game online tersebut. Dimana anda tinggal menyediakan perangkat pintar seperti computer dan smartphone yang terhubung dengan internet.

Tak seperti jaman dulu, dimana untuk bisa menikmati game online, maka seseorang harus mendatangi warnet terdekat. Tak hanya dari kalangan dewasa saja, game online ini juga banyak digemari oleh hampir semua kalangan. Tidak terkecuali dengan anak-anak. Selain itu, saat ini juga sudah banyak kejuaraan game online yang diadakan dimana mampu membuat banyak orang semakin tertarik.


Memang, dengan bermain game online, anda bisa memperoleh dampak postif. Tetapi anda juga harus tahu apabila keberadaan game online tersebut juga bisa menimbulkan efek negative, terutama bagi anda yang sudah kecanduan game online tersebut. Untuk itulah sebaiknya anda segera menghindari main game online, agar tidak terkena bahaya bermain game online dibawah ini.

Bahaya Akibat Bermain Game Online

1. Membuat seseorang menjadi kecanduan
Bahaya akibat bermain game online yang pertama adalah membuat seseorang kecanduan. Tampilan grafis yang menarik dan setiap stage yang disajikan didalam game online memang sayang untuk dilewatkan. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang akhirnya enggan untuk keluar dari dalam game. Inilah yang menyebabkan secara tidak langsung seseorang bisa kecanduan untuk bermain game online tersebut bahkan akan membuat anda malas untuk bergerak.

Baca Jaga : Jangan Anggap Remeh! Inilah Bahaya Asap Rokok Pada Bayi

2. Kurangnya tidur akibat terlalu asyik main
Tidur menajdi salah satu cara yang bisa anda pilih untuk mengembalikan energy anda setelah seharian bekerja. Tetapi sayangnya, bagi beberapa gamer, mereka memutuskan untuk bermain game selama seharian, sehingga kurang tidur karena terlalu asyik untuk bermain. Karena kurangnya tidur inilah bisa memicu timbulnya masalah pada kesehatan tubuh anda.

3. Pola makan yang terganggu akibat malas
Bahaya bermain game online berikutnya adalah pola makan anda yang semakin terganggu. Anda terlalu asyik untuk bermain sehingga anda malas untuk bergerak. Secara tidak langsung juga mengakibatkan anda malas untuk makan. Padalah makan ini sangat penting untuk anda dapatkan guna memberikan nustrisi yang baik pada tubuh anda.

4. Radiasi yang menyebabkan mata anda terganggu
Seperti yang sudah disebutkan oleh para ahli, apabila terlalu lama memandang layar smartphone ataupun computer bisa mengakibatkan radiasi pada otak. Nah, bagi anda yang setiap hari bermain game online, maka anda juga memiliki risiko terkena efek radiasi dari sinar biru. Hal inilah yang menyebabkan penghilatan anda semakin terganggu.

Bagaimana Cara Menghindari Bahaya Bermain Game? 

1. Cobalah untuk memiliki niat yang kuat 
Bagi anda yang selama ini memiliki kecanduan terhadap game online, tenang saja, anda masih bisa keluar dari kecanduan tersebut. Hal pertama yang wajib anda miliki agar bisa terhindar dari kecanduan game online adalah memiliki niat yang kuat. Tanpa adanya niat dan tekad yang kuat ini, maka anda tidak akan bisa sembuh dari kecanduan game online tersebut.

2. Mengetahui batasan waktu untuk bermain game
Setelah anda memiliki niat yang kuat untuk berhenti kecanduan dari game online, maka anda juga harus mengetahui batasan waktu untuk bermain. Bisa terhindar dari kecanduan game online memang tidak bisa dilakukan secara langsung tetapi sedikit demi sedikit atau berproses. Disinilah anda bisa memulai untuk mengatur waktu anda dalam bermain game tersebut. Jika waktu sudah habis, sebaiknya segera berhenti dan jangan mengulur.

3. Mengurangi batasan penggunaan perangkat
Adapun tips selanjutnya yang bisa anda gunakan agar semakin terhindar dari bahaya bermain game online adalah dengan mengurangi batasan penggunaan perangkat. Cara ini secara tidak langsung akan mengurangi anda untuk bermain game. Cobalah menyibukkan diri dengan kegiatan yang berguna.

Terakhir anda bisa juga bisa lebih sering berkumpul keluarga anda. Dengan bercengkrama bersama keluarga inilah anda bisa mengurangi bermain game. Selain itu, kumpul dengan keluarga juga akan membuat hubungan dengan keluarga. Demikain ulasan mengenai bahaya bermain game online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel