4 Tutorial Mudah Cara Membuat Komputer Lebih Cepat Terbukti Berhasil

Anda yang menemukan artikel ini mungkin salah satu orang yang sedang mencari cara membuat komputer lebih cepat. Tak perlu malu, tak ada yang salah dengan Anda, karena sebenarnya ini adalah salah satu masalah yang wajar. Setiap orang yang menggunakan komputer PC ataupun laptop biasanya akan mengalami ini, terutama jika sudah menggunakannya cukup lama.

Komputer sebagaimana perangkat elektronik lainnya juga memiliki sifat yang melemah kinerjanya semakin lama digunakan. Terutama masalah ini yang biasanya akan terjadi jika komputer sudah bertahun-tahun digunakan dan jarang dilakukan perawatan. Selain kinerja prosesor yang secara alamiah bisa menurun juga ditambah dengan masalah-masalah dalam komputer lainnya yang semakin memberatkan.


Secara prinsip ada dua perangkat yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan komputer dalam memproses data yakni prosesor dan RAM. Jika ada masalah pada salah satu apalagi keduanya pasti akan membuat komputer lebih lambat. Tapi meski begitu ada hal-hal lain juga yang akan dibahas lebih lanjut dalam ulasan di bawah.

Perlu digaris bawahi bahwa cara membuat komputer lebih cepat yang akan dipaparkan disini hanya bisa efektif diterapkan, untuk komputer yang masih bagus perangkatnya. Dalam arti komponen-komponennya masih bisa berfungsi dengan baik, terutama dua perangkat vital tersebut. Karena jika terjadi kerusakan lain, hal itu akan tetap sulit diatasi meski menggunakan tips-tips di bawah ini.

Membersihkan File Temporer

Apakah Anda tahu bahwa jika komputer lama digunakan dan tidak pernah dibersihkan akan menimbun file-file temporer? Mungkin ini cukup asing di telinga Anda tapi nyatanya sangat penting untuk diketahui jika memang ingin komputer lebih cepat. Karena seperti apapun Anda menggunakan komputer, masalah ini akan tetap dialami.

File temporer ini secara otomatis akan bermunculan, karena sudah menjadi bagian dari sistem. Sayangnya jika dibiarkan terus menumpuk bisa menyebabkan komputer lemot. Maka dari itu, ini menjadi salah satu cara membuat komputer lebih cepat yang sering digunakan, berikut cara untuk melakukannya :

Tulis di kotak pencarian kata “%temp%”
Setelahnya akan keluar sebuah folder dengan nama %temp%
Anda bisa langsung dobel klik untuk membuka folder tersebut
Setelahnya akan terlihat terdapat banyak sekali file yang menumpuk yang sebenarnya tidak berguna lagi
Karena itu bisa langsung Anda hapus semuanya dengan Ctrl + A dan kemudian delete

Setelah Anda melakukan cara ini, komputer mungkin saja belum secara langsung menunjukkan perubahan. Tak perlu merasa cemas karena memang ini hanya salah satu caranya.  Jika Anda ingin merasakan perubahan yang signifikan, silakan lanjutkan dengan cara di bawah ini.

Menggunakan Flashdisk Agar Komputer Lebih Cepat

Tak banyak yang tahu bahwa flashdisk bisa digunakan sebagai salah satu cara membuat komputer lebih cepat. Nantinya flashdisk akan diatur supaya berperan menjadi tambahan RAM. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang merasa bahwa kapasitas RAM sudah mulai mendekati batas, sedangkan kebutuhan untuk penggunaan aplikasi masih cukup tinggi.

Baca Juga : Daftar Laptop Gaming Murah Terbaik Lengkap Dengan Spesifikasinya

Karena penerapan metode ini menyebabkan flashdisk tidak bisa menjalankan fungsi penyimpanannya, maka lebih baik gunakan flashdisk yang memang tidak digunakan untuk menyimpan. Selain juga perlu diingat bahwa peningkatan kapasitas RAM juga akan menuntut peningkatan dukungan dari komponen komputer lainnya, sehingga pastikan komponen lain masih bisa berfungsi dengan baik.

Berikut cara untuk menggunakan flashdisk sebagai RAM tambahan :

Setelah flashdisk ditancapkan ke komputer atau laptop, klik kanan pada nama flashdisk di My Computer dan kemudian pilih properties
Kemudian buka Tab Readyboost
Lalu pilih Use This Device
Kemudian Anda bisa mengatur berapa memori yang ingin dialokasikan sebagai RAM tambahan pada kolom di bawahnya
Lalu terakhir klik OK

Jika Anda melakukan langkah ini dengan benar dan flashdisk berhasil menjadi RAM tambahan, otomatis kinerja komputer akan lebih cepat dalam memproses data. Oleh karena itu, ini bisa menjadi salah satu cara membuat komputer lebih cepat yang bisa Anda coba. Kurang suka dengan cara ini? tenang saja karena masih ada beberapa cara lainnya.

Mengurangi Start-up Program 

Salah satu hal yang juga bisa menjadi sebab komputer lemot adalah banyaknya program yang berjalan pada saat startup. Karena ini akan membuat komputer harus memproses banyak program langsung setelah nyala. Padahal sering terjadi kenyataannya program yang dijalankan tidak benar-benar selalu dibutuhkan di awal pemakaian.

Ini menjadi salah satu masalah yang juga sering dialami karena pengguna yang tidak menyadarinya, apalagi mereka yang awam tentang perawatan komputer. Selain juga ada cukup banyak program yang meminta untuk dimasukkan ke dalam list startup sejak awal kali diinstall. Karena itu penting untuk Anda mengecek apakah Anda salah satu yang tidak menyadarinya.

Tak perlu bingung karena cara melakukannya sangat mudah dan bisa Anda coba langsung. berikut cara membuat komputer lebih cepat dengan mengurangi beban startup :

Buka jendela Run (jika bingung bisa dicari di kolom Search)
Setelah tampil, ketikkan “msconfig” pada kolom yang tersedia, khusus untuk Anda yang menggunakan Windows 8.x maka ketikkan Sysconfig
Selanjutnya akan muncul jendela System Configuration, lalu buka Tab Startup. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan Sysconfig, maka menggunakan “Task Manager” kemudian buka bagian Startup
Jika Anda menemukan program yang tidak begitu dibutuhkan untuk diproses sejak pertama kali, lebih baik segera di disable. Karena itu merupakan cara membuat komputer lebih cepat, maka kinerja atau beban dari sistem akan berkurang.

Uninstall Useless Program

Meski sangat sepele tapi buktinya ini masih menjadi salah satu masalah klasik untuk sebagian besar orang yang mengeluhkan lambatnya komputer mereka, yaitu banyak program yang sudah tidak lagi digunakan menumpuk pada sistem. Jelas ini bisa jadi masalah karena meski tidak digunakan, program akan tetap meminta sebagian volume RAM.

Baca Juga : Inilah Cara Memilih Laptop Yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Satu hal yang perlu dicatat, bahwa ada beberapa program bawaan laptop. Meskipun Anda tidak pernah menggunakannya, tapi lebih baik untuk tidak menghapusnya. Karena terkadang hal itu memang perlu terpasang untuk mendukung kinerja laptop. Sehingga lebih baik pilih program yang memang Anda install sendiri sebelumnya.

Berikut cara membuat komputer lebih cepat dengan menghapus program :

Masuk ke Control Panel, jika bingung bisa ketikkan “Control Panel” pada kolom pencarian
Kemudian pilih menu Program
Lalu pilih Uninstall Program
Selanjutnya akan tampil daftar program-program yang terpasang di komputer Anda.
Anda pilih yang tidak lagi digunakan, kemudian klik kanan dan pilih Uninstall
Setelah Anda selesai menghapus program-program tersebut, restart komputer untuk melihat perubahannya

Karena caranya sangat mudah, Anda pun bisa melakukannya lagi nantinya jika komputer kembali menurun kinerjanya. Tentu saja dengan tetap berhati-hati dan cermat dalam melakukan proses. Karena jangan sampai Anda kehilangan program penting, karena salah klik saat ingin uninstall program.

Selain itu, juga sabar untuk menunggu hingga proses uninstall selesai supaya tidak mengganggu sistem. Dengan menggunakan aplikasi yang digunakan dengan baik, tentu akan membuat computer lebih cepat. Itulah beberapa cara membuat komputer lebih cepat untuk mengatasi masalah Anda. Semoga berhasil!

Keyword : Cara membuat komputer lebih cepat

Deskripsi : cara membuat komputer lebih cepat yang sangat mudah diterapkan untuk mengatasi kinerja komputer yang semakin menurun seiring berjalannya waktu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel