Beberapa Cara Menghilangkan Noda Kuning Sol Sepatu

Apakah Anda memiliki sepatu yang karet atau solnya telah menguning? Tak perlu cemas, karena ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan noda kuning sol sepatu kesayangan Anda. Kuning pada karet atau sol sepatu bisa saja membuat Anda menjadi tak percaya diri dengan tampilan yang anda bawa pada suatu acara atau kegiatan.

Noda kuning yang ada pada sepatu Anda tentu menjadi hal menjengkelkan, terlebih jika noda kuning tersebut muncul pada sepatu kesayangan Anda. Anda tak perlu kesal dan buru-buru segera membuang sepatu tersebut karena menganggap sudah tak bisa digunakan kembali, karena ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan warna putih pada sol sepatu Anda.


Mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui bagaimana cara menghilangkan noda kuning sol sepatu. Bagi Anda yang belum pernah mengetahui hal itu tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips bagaimana cara untuk menghilangkan noda kuning sepatu kesayangan Anda yang dapat menganggu sekali penampilan Anda.

Penyebab Noda Kuning atau Yellowing pada Sepatu

Noda kuning atau yellowing merupakan suatu kondisi dimana warna sol atau karet sepatu mengalami perubahan warna dari yang sebelumnya bewarna putih berubah menjadi warna kekuning-kuningan. Yellowing merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi pada karet sepatu dengan warna putih seperti pada sepatu converse, adidas, atau sepatu lainnya yang memiliki karet putih.

Selain pada sepatu dengan sol yang terbuat dari karet, noda kuning atau yellowing juga seringkali terjadi pada sepatu kasual dan sepatu sport dengan sol yang terbuat dari spon. Proses penguningan bisa terjadi dengan sangat cepat, saat sepatu kasual atau sport yang Anda miliki sering terkena air.

Sepatu baru pun tak bisa terhindar dari proses yellowing ini jika disimpan pada tempat yang lembab.Oleh sebab itu, penting untuk Anda perhatikan mengenai bagaimana cara menyimpan sepatu dengan sol yang terbuat dari bahan karet ataupun spon. Hal tersebut tentu saja untuk menghindarkan dari proses yellowing yang akan terjadi.

Cara Menghilangkan Noda Kuning Sol Sepatu

Cara menghilangkan penguningan atau yellowing pada sol sepatu memanglah sangat mudah dilakukan mulai dari yang murah hingga mahal. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara penghilangan noda kuning tersebut dengan memakai bahan yang murah. Penasaran bagaimana cara melakukan penghilangan noda kuning pada sepatu dengan benar? Simak informasi berikut ini.

Baking soda merupakan bahan yang digunakan untuk mengembangkan adonan kue, tak hanya itu bahan ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda kuning sol sepatu. Caranya cukup mudah yaitu dengan melautkannya dengan air secukupnya, selanjutnya dioleskan pada sepatu tersebut. Diamkan hingga 12 jam lalu bersihkan dengan sabun colek sambil dilakukan penyikatan hingga bersih.

Selain baking soda, Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis. Anda hanya perlu menyiapkan sebanyak 3 sendok makan jerus nipis kemudian diampur dengan garam seujung sendok makan. Kemudian dilakukan pengadukan hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan bahan tersebut pada sepatu, diamkan hingga satu hari. terakhir, Anda bisa mencucinya menggunakan sabun hingga bersih.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat sepatu Anda putih kembali yaitu dengan menggunakan boraks. Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya menggosokkan adonan boraks pada sepatu yang mengalami yellowing. Cara ini merupakan cara cepat yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda kuning sol sepatu.

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menghindari Sepatu dari Noda Kuning

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sepatu kesayangan terhindari dari yellowing yaitu membersihkan sepatu setelah terkena air, terutama air hujan. Jika Anda terlambat membersihkannya maka sepatu tersebut tentu saja akan cepat mengalami yellowing. Selain itu, tidak disarankan Anda menjemur sepatu dibawah sinar matahari secara langsung.

Jika hal itu dilakukan maka sepatu dengan sol yang terbuat dari karet akan mudah sekali mengalami yellowing. Selanjutnya Anda jangan pernah berpikir bahwa sepatu yang belum lama dipakai tak akan mengalami yellowing. Karena ternyata hal itu bisa saja terjadi. Lalu apa yang menyebabkan sepatu baru yang belum lama dipakai tetap akan mengalami yellowing?

Ternyata ada yang menyebabkan proses yellowing terjadi pada sepatu belum lama dipakai yaitu saat Anda menyimpannya pada tempat yang lembab. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar Anda menyimpan sepatu kesayangan Anda pada tempat sesuai dan tentu saja tak lembab agar tak mudah mengalami yellowing.

Yang perlu Anda tahu bahwa yellowing tak hanya terjadi pada sepatu KW saja melainkan juga sepatu yang original apabila Anda tak memperhatikan perawatannya, oleh sebab itu rawatlah dengan baik sepatu yang Anda miliki. Semoga informasi yang sudah dijelaskan diatas terkait dengan cara menghilangkan noda kuning sol sepatu dapat bermanfaat untuk Anda.

Keyword : menghilangkan noda kuning sol sepatu

Deskripsi : cara mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda kuning sol sepatu sekaligus cara pencegahan noda kuning pada sepatu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel