Cara menggunakan Google Trends untuk SEO dan Konten Marketing

Jika anda memiliki website dan ingin diterima AdSense, maka anda perlu mengetahui cara menggunakan Google Trends. Hal itu penting jika anda ingin memanfaatkan SEO dan content marketing di website anda. Google Trends menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan atau traffic di website bagi para blogger, apalagi jika berhubungan dengan Adsense Google.

Hanya saja untuk mendapatkan pengunjung yang tinggi setiap hari adalah sesuatu yang mudah. Seringkali para blogger mengeluh karena sudah membuat banyak konten, namun jumlah pengunjung tak kunjung naik juga. Hal tersebut bisa dikarenakan penggunaan tabel atau keyboard yang salah. Itulah mengapa sebelum membuat konten perlu untuk mencari keyword yang tepat terlebih dahulu.


Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi cara menggunakan Google Trends untuk kepentingan SEO dan content marketing. Melalui layanan Google Trends ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset kata kunci yang sering dipakai atau sedang hangat diperbincangkan. Bagi para blogger pemula wajib simak pembahasan ini sampai selesai.

Menggunakan Google Trends Untuk Membandingkan Keyword

Jika kita menggunakan Google Trends untuk mencari kata kunci terpopuler, maka kita tidak hanya menemukan satu melainkan ada beberapa kata kunci yang saling berkaitan. Namun untuk memperkuat konten Anda sebaiknya menggunakan salah satu kata kunci yang paling kuat. Lalu Adakah cara untuk membandingkan keyword di Google Trends?

Baca Juga : Cara Backup Postingan di Blogger menuju Wordpress

Pada layanan Google Trend tersedia fitur perbandingan atau comparison yang berguna untuk membandingkan keyword hingga 5 keyword saja. Sehingga dalam menggunakan fitur tersebut maka anda dapat membandingkan tingkat pencarian antar keyword yang disajikan dalam bentuk grafik. Bahkan fitur ini juga menampilkan data dalam bentuk peta wilayah serta query yang berhubungan.

Cara menggunakan Google Trends ini juga bisa anda manfaatkan untuk melakukan filter berdasarkan waktu, lokasi, kategori dan tipe penelusuran. Tidak hanya itu saja Google Trends ternyata juga menyediakan pilihan embed, unduh dan pengguna bisa membagikannya secara langsung.

Cara Menggunakan Opsi Pencarian Spesifik

Cara menggunakan Google Trends lainnya yaitu dengan memanfaatkan opsi pencarian spesifik. Fitur tersebut tidak hanya digunakan untuk menganalisis tingkat pencarian di Google Search melainkan dapat digunakan untuk menganalisis apa saja yang banyak dicari di YouTube. Dalam satu halaman yang sama anda dapat memilih opsi pencarian spesifik yang anda inginkan. Misalnya ketika anda mengklik YouTube, maka secara otomatis Google trans akan menampilkan grafik menjadi data pencarian dari YouTube.

FYI, meskipun menggunakan keyword yang sama namun grafik pencarian yang anda dapatkan di Google dan YouTube akan berbeda. Karena seperti yang kita tahu kedua layanan tersebut juga memberikan layanan yang berbeda. Selain itu pencarian video di YouTube juga lebih tinggi dibandingkan di Google Search.

Baca Juga : Jangan Asal-Asalan, Begini Lho Cara Agar Diterima AdSense

Meskipun pada Google Trends memiliki beberapa fitur lain seperti Image Search, News Search, dan Google Shopping. Namun pemanfaatan keyboard dari Youtube search lebih disarankan untuk target pengunjung dengan menggunakan link video.

Cara Memprediksi Tren di Google Trends

Hingga saat ini layanan Google Trends memang memberikan berbagai macam informasi secara lengkap. Dengan mengetahui cara menggunakan Google Trends dan memanfaatkan layanan ini, maka anda bisa mendapatkan topik konten yang menarik sesuai minat pembaca. Dengan begitu peluang untuk memunculkan website di halaman pertama Google juga semakin tinggi. Tapi tentunya tidak semudah itu bukan?

Mungkin permasalahannya bukan bagaimana cara anda dalam membuat konten untuk website Anda, melainkan Bagaimana cara memandang data yang didapat dari Google Trends. Karena perlu Anda ketahui bahwa, yang menggunakan Google Trends bukan anda saja melainkan juga para kompetitor lain, penggiat AdSense maupun lainnya. Sehingga hal tersebut akan membuat data yang Anda gunakan sama dengan data yang mereka dapatkan.

Tapi tidak perlu khawatir karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menganalisis data hasil Google Trends. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mencari trend di Google Trends, yaitu identifikasi trend sesuai negara atau kategori yang ditargetkan, membandingkan frasa yang memiliki arti sama serta melihat grafiknya. Apabila grafiknya naik maka kemungkinan besar dari kata kunci tersebut akan terus naik.

Baca Juga : Tak Hanya untuk Bisnis, Inilah Alasan Penting Memiliki Blog

Itulah sedikit pembahasan tentang Google Trends. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Apabila Anda ingin melakukan optimasi SEO atau konten marketing, maka sangat penting bagi Anda untuk memahami cara menggunakan Google Trends.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel