Cara Mudah Membuat Blog Di Wordpress Untuk Pemula

Membuat blog di WordPress merupakan salah satu pilihan bloger pemula. Hal ini karena banyak review dari bloger senior mengenai tampilan WordPress yang lebih menarik. Membuat blog sendiri biasanya sudah ditugaskan saat duduk di bangku sekolah. Namun, belajar membuat blog di sekolah tidak cukup untuk sebagian orang, karena biasanya didasari niat “yang penting udah ngumpulin tugas”.

Namun taukah Anda bahwa akan ada banyak manfaat,ketika kita memiliki platform ini? Beberapa manfaatnya seperti sebagai tempat aktualisasi para penulis, tempat untuk mengasah kemampuan menulis, tempat berbagi maupun mendapatkan informasi, tempat untuk berinteraksi dengan orang lain.Bahkan dapat juga digunakan untuk aktifitas komersil seperti berjualan dan memasang iklan.


Meskipun blog merupakan media massa yang biasanya berbentuk tulisan-tulisanyang dimuat sebagai postingan, yang diuntungkan oleh platform ini tak melulu seorang penulis. Anda yang memiliki hobi atau koleksi barang tertentu juga dapat memamerkannya lewat blog. Cukup dengan mendokumentasikan barang atau kegiatan yang ingin Anda pamerkan, lalu posting dengan beberapa penjelasan.

Sebuah blog yang memposting suatu hobi atau koleksi biasanya dapat menjadi stimulus terbentuknya komunitas. Dengan begitu, untuk Anda yang ingin memiliki banyak teman yang sehobi juga dapat memanfaatkan platform ini sebagai jalannya. Untuk lebih lanjutnya, berikut adalah cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog di wordpress.

Dua Jenis Wordpress yang Dapat Anda Gunakan

Sebenarnya membuat blog di WordPress adalahsesuatu yang mudah. Namun biasanya pemula sudah berfikir “ribet” duluan, sehingga niatnya untuk memiliki blog belum juga terealisasi. Ada banyak platform blog yang dapat Anda gunakan seperti Joomla!, Drupal, Jekyll, Subrion, Blogspot, WordPrees dan lain sebagainya. WordPress merupakan salah satu platform blog yang paling populer.

Wordpress sendiri ada dua jenis yaitu WordPress.com (hosted) dan WordPress.org (self-hosted),perbedaan dari dua jenis ini yaitu pada kepemilikannya. Jika Anda memilih Wordprees yang hosted, itu berarti Anda menumpang sehingga tidak murni milik Anda sendiri (Anda tidak seleluasa jika menggunakan self-hosted).Karena dengan menggunakan self-hosted berarti Anda memiliki kendali penuh pada blog tersebut.

Masing-masing jenis memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Jika Anda menggunakan platform hosted, maka Anda akan terbebas dari biaya (karena platform ini gratis). Namun fitur dan tampilan yang tersedia menjadi terbatas. Nama website Anda akan menjadi blablablabla.blogspot.com dan yang paling penting Anda harus rela jika sewaktu-waktu akun Anda dihapus karena dianggap melanggar aturan yang ada.

Baca Juga : 5 Cara Menulis Artikel Dengan Cerdas Yang Menghasilkan Traffic Ramai 

Berbeda dengan platform hosted,jika menggunakan self-hostedAnda perlu merogoh kocek sekitar 300 ribu rupiah per tahun. Meskipun harus mengeluarkan biaya, Anda tak perlu merasa rugi karena dengan begituAnda akan bebas dalam memilihfitur dan tampilan yang diinginkan. Biasanya dengan menggunakan platform/domain ini, blog Anda akan terlihat lebih kredibel (terpercaya).

Cara Membuat Wordpress.Com (Hosted) dan Wordpress.Org (Self-Hosted)

Untuk membuat blog di WordPress yang gratisan, yang harus Anda lakukan adalah buka URL id.wordpress.com. Setelah berada di halaman WordPress klik gambar tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas. Klik mendaftar lalu masukkan alamat email, nama pengguna serta sandi yang telah Anda siapkan. Jika sudah terisi sesuai keinginan maka klik “Buat akun Anda”.

Setelah mengisi alamat email, nama pengguna dan sandi, Anda tinggal mengisi enam langkah selanjutnya sesuai dengan kebutuhan. Enam langkah selanjutnya adalah pertanyaan mengenai situs seperti apa yang ingin Anda buat. Blog tentang apakah yang Anda buat nanti. Nama, tema dan alamat blog yang akan digunakan,terakhir klik membuat blog secara gratis, lalu jadilah blog barunya.

Baca Juga : Tips Membuat Blog Yang Menarik Dan Tembus Ribuan Pembaca

Untuk membuat blog di WordPress (self-hosted), Anda dapat melakukan cara yang sama dengan membuat WordPress.com. Hanya saja setelah langkah ketujuh Anda dapat memilih/klik layanan yang menyediakan jasa pengguna domain dan hosting berbayar. Lalu jadilah blog Anda yang siap untuk diatur ulang.Harga domain dan hosting ini bervariasi setiap bulannya dan dibayar per tahun.

Mengelola Wordpress Setelah Memiliki Akun Sendiri

Setelah membuat blog di WordPress tentu Anda perlu mengisinya dong. Untuk mengelola beberapa hal seperti tampilan, penambahan plugin, pengaturan blog, moderasi komentar dan hal lainnya dapat Anda temukan pada dashboard. Dashboard merupakan halaman tempat admin mengelola WordPress-nya. Untuk mengubah foto, nama, bahasa dan pengaturan lainnya Anda dapat klik kelola lalu pengaturan.

Jika Anda ingin mengubah tampilan sesuai keinginan atau tema blog Anda, maka Anda dapat pergi ke kelola lalu klik tema. Tema yang tersedia pada WordPress gratis dan berbayar tentu saja berbeda. Namun untuk Anda yang ingin tema gratis tak perlu khawatir, karena WordPress memiliki banyak tema tak berbayar yang menarik.

Baca Juga : Cara menggunakan Google Trends untuk SEO dan Konten Marketing

Untuk membuat postingan baru Anda bisa klik gambar kotak segiempat dengan tanda plus yang berada di pojok kanan atas (sebelah foto profil dan lonceng). Pada halaman tersebut Anda akan melihat beberapa kolom yang sudah memiliki penjelasan, seperti judul dan mulai menulis. Jika tulisan Anda telah selesai maka tinggal klik terbitkan/publish.

Wordpress juga menyediakan menu formating yang berfungsi untuk menambahkan link, video, foto serta mengganti warna dan font text. Saat memposting, perhatikan kategori dan tag konten yang telah Anda buat. Pisahkan dengan klasifikasi yang jelas untuk mempermudah Anda maupun pembaca dalam melihat konten yang telah tersedia pada blog.

Apa yang Dapat di Post Dalam Blog Anda?

Membuat blog di WordPress tidak semata-mata memiliki akun lalu ditinggal. Biasanya kendala dalam memiliki blog bagi pemula bahkan para senior adalah bagaimana, agar tetap konsisten dalam memposting sebuah konten. Namun untuk Anda seorang pemula disarankan, agar memilih tema yang dianggap menarik. Karena topik yang tidak menarik atau tidak Anda minati akan membuat cepat bosan.

Jika bingung mengenai apa yang diminati dalam membuat blog di wordpress, maka coba Anda cermati dari keseharian. Selama ini apa hal yang paling ingin Anda lakukan,kegiatan apa yang jika Anda melakukan itu, tidak ada perasaan bosan bahkan membuat lupa waktu. Kegiatan seperti apa yang biasanya Anda ikuti di sekolah atau lingkungan sekitar.

Jika masih tetap bingung, Anda cukup mentargetkan diri Anda untuk membuat sebuah tulisan (apapun itu) dalam keseharian Anda yang harus diposting per sekian hari di blog. Anda dapat menceritakan mengenai pekerjaan, sekolah, makanan, perjalanan, pakaian, parfum, transportasi, teman, keluarga, saudara, tips dan trik yang sangat mudah untuk Anda ceritakan.

Dalam mengisi blog, buat diri Anda senyaman mungkin. Kalo kata pepatah jawa witing tresno jalaran soko kulino (mencintai itu karena terbiasa). Semangat Anda dalam membuat blog yang tinggi itu harus dipertahankan. Jika ingin blog yang bagus, bahkan menghasilkan uang pasti ada proses yang harus dijalankan. Jika Anda dapat menikmati proses membuat blog di WordPress ini, suatu hari pasti akan ada banyak manfaatnya.

Keyword : Membuat blog di WordPress

Deskripsi : Membuat blog di WordPress merupakan salah satu pilihan terbanyak para bloger karena tampilannya yang lebih menarik dan pemakaian yang lebih mudah dibandingkan dengan platform lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel