Gejala dan Penanganan Penyakit Asam Lambung, Jangan Anggap Remeh!

Menurut penelitian beberapa ahli kesehatan di Indonesia, penyakit asam lambung memang sering dialami oleh masyarakatnya. Hal ini diawali oleh banyaknya pihak yang menganggap bahwa penyakit ini biasa dan tidak sampai parah. Padahal, jika Anda perhatikan dan bandingkan dengan penyakit lain bahwa, asam lambung ini bisa menyebabkan kematian.

Bahkan, mereka para penderita merasa tidak nyaman menjalani aktivitas sehari-hari saat penyakit ini kambuh. Jika Anda menjadi salah satu pasien yang sudah kebingungan dengan cara penanganan asal lambung, jangan langsung menyerah. Karena, memang benar sebenarnya penyakit ini bukanlah penyakit yang parah seperti jenis penyakit lainnya.


Tetapi, ini hanya untuk beberapa alasan dan pertimbangan saja seperti misalnya Anda tahu cara mengatasinya. Jika Anda melewatkan kesempatan untuk bisa mengobati penyakit asam lambung, pastinya Anda harus siap dengan berbagai macam konsekuensi. Seperti yang dikatakan oleh salah satu dokter bahwa ketika pencernaan terganggu, maka aktivitas akan terganggu pula.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini bagi yang belum menjadi penderita parah atau Anda yang sudah parah. Ketahui dulu gejala dan penyebab asam lambung pada diri Anda kenapa, setiap orang mengalami gejala yang beda. Pada bahasan berikut ini akan dibahas apa saja penyebab yang mungkin terjadi pada setiap pasiennya.

Penyebab Asam Lambung Yang Mungkin Terjadi Pada Anda

Berikut ini merupakan penyebab asam lambung yang mungkin terjadi pada salah satu dari Anda. Pastikan mengenali dengan baik, karena berbeda penyebab dan gejala nantinya akan berpengaruh pada berbedanya pemilihan jenis obat.

1. Makan makanan pedas

Tidak banyak yang percaya bahwa dengan makan makanan pedas ternyata dapat memicu penyakit asam lambung. Karena, proses pencernaan perut yang seharusnya dilakukan oleh makanan yang sehat dan bergizi malah tidak didapatkan. Hal ini sempat disampaikan oleh para ahli bahwasanya dengan makanan pedas bisa mengikis perut.

Baca Juga : Ternyata Ini Hubungan Penyakit Jantung, Stroke, Dan Hipertensi

Mengikis yang dimaksud bukan berarti kulit perut Anda nantinya menjadi tipis, namun akan terasa kosong dan sakit. Maka, mulai dari sekarang coba berusaha untuk mengurangi porsi makan makanan pedas. Meskipun Anda tidak bisa membuang kebiasaan ini secara full, setidaknya Anda bisa berusaha untuk memakannya lebih sedikit dari biasanya.

2. Tidak sarapan

Anda harus benar dalam menafsirkan sarapan pagi bahwasanya bukan dengan makan nasi dan lauk seperti makan siang. Dalam ilmu kesehatan, di pagi hari itu kita disarankan untuk tidak makan nasi karena nasi itu makanan berat. Lebih disarankan seperti makan lemon atau oatmeal, bisa dengan jenis makanan lain sesuai dengan kebutuhan tubuh namun tidak nasi.

3. Minum soda dalam keadaan perut kosong

Ada banyak cerita yang disampaikan dari seluruh dunia, bahwa ada banyak orang terkena penyakit karena minuman soda. Jika Anda tidak ingin menjadi korban selanjutnya maka sudah seharusnya ubah pola hidup tidak sehat ini. Diperbolehkan minum minuman soda asal tidak dalam keadana perut kosong yang dapat memicu penyakit asam lambung.

4. Asupan gizi dan vitamin yang tidak terpenuhi

Perlu Anda ketahui bahwa pola makan itu penting untuk diperhatikan, juga menu makanan yang Anda makan. Jangan mengira bahwa untuk menjadi sehat itu cukup dengan kenyang saja karena hal ini tidak benar. Pastikan diri Anda mendapatkan asupan gizi dan vitamin yang terpenuhi dan mencukupi.

Itulah bahasan mengenai penyebab yang mungkin terjadi pada Anda yang saat ini menderita penyakit penyakit asam lambung. Jika Anda mengalami penyakit tersebut karena salah satu alasan di atas, maka coba cek gejala seperti apa yang dirasakan.

Kenali Gejala Sakit Perut Yang Anda Alami

Berikut ini akan dipaparkan beberapa gejala sakit perut berbeda-beda yang mungkin pernah Anda alami. Pastikan, meski Anda sudah yakin dan mengetahui gejala ini akan lebih baik, jika Anda mendiskusikan dengan dokter ahli agar diagnosa yang diberikan itu tidak salah.

- Sakit perut perih dibagian kanan

Jika Anda mengalami gejala ini, bisa jadi Anda terkena usus buntu. Karena usus buntu terletak di sebelah kanan, sedangkan sebelah kirinya ialah ginjal. Namun, jika sakit atau gejala penyakit asam lambung yang Anda alami tidak sering, bisa jadi ini adalah sakit perut biasa.

- Sakit perut hingga pusing

Jika Anda mengalami seperti ini, kemungkinan besar Anda terkena lambung. Karena, penyakit lambung ini ciri-ciri dasarnya itu Anda akan merasakan pusing, sebab cairan di kimia bagian lambung Anda menjadi pecah. Hingga jika sudah parah, Anda membutuhkan cairan kimia yang harus dimasukkan ke dalam perut Anda.

- Rasa mual meski belum makan

Gejala masuk angin dan lambung ini sebenarnya hampir sama, tetapi pastinya ada perbedaan yang harus Anda kenali. Jika sakit lambung, rasa mual yang Anda rasakan itu sampai naik ke bagian kepala meski sebelumnya belum sarapan. Sedangkan untuk rasa mual masuk angin itu, karena makan makanan yang tidak cocok dengan pencernaan sehingga muntah.

Baca Juga : Penyakit Gula Darah Tinggi Bisa Disembuhkan Dengan Obat Alami

Dari beberapa paparan di atas itulah beberapa gejala penyakit asam lambung yang paling sering terjadi dan dirasakan penderitanya.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung 

Untuk langkah awal, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus khawatir ke dokter. Berikut ini beberapa cara yang pastinya bisa membantu Anda:

1. Jangan makan nasi di pagi hari

Bagi sebagian dari Anda yang sudah terbiasa pasti hal ni sulit sekali, namun percayalah coba untuk jangan makan nasi. Karena, dalam kondisi perut kosong di pagi hari tidak baik diisi dengan makanan yang kaya akan karbohidrat. Sarapan jika sudah di atas jam 10 pagi dalam keadaan perut sudah terisi dengan makanan lain yang sehat.

2. Sarapan dalam jarak waktu 4 jam sekali

Para penderita penyakit asam lambung akan sering merasakan perutnya perih, maka perlu mengisi asupan selama 4 jam sekali. Jadi, cobalah pilih makanan sesuai dengan kebutuhan Anda, namun sebaikinya konsultasikan hal ini ke dokter terlebih dahulu.

3. Perbanyak minum air putih

Kebiasaan minum air dingin atau bersoda sudah bisa Anda hilangkan secara total karena tidak menyehatkan sama sekali. Ganti kebutuhan air harian dengan air biasa meski dalam keadaan ingin sekali minum air dingin sekalipun.

Selain beberapa cara di atas, Anda bisa mencoba dengan alternatif lainnya yang informasinya bisa diperoleh dari ahli gizi.

Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian?

Semua penyakit di dunia ini jika Anda biarkan begitu saja dan tidak diatasi dengan tepat, bisa menyebabkan kematian. Termasuk penyakit lambung yang diderita dalam jangka waktu lama kelamaan bisa saja semakin parah. Apalagi jika Anda merasa penyakit tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Maka, tidak ada kata terlambat karena Anda bisa mulai proses penyembuhan dari sekarang. Karena hanya dengan perawatan yang tepat dan juga keinginan Anda untuk sembuh dari penyakit adalah hal yang sangat penting. Dengan usaha keras, tentu penyakit asam lambung yang Anda derita bisa disembuhkan.

Keyword: penyakit asam lambung

Meta Deskripsi: penyakit asam lambung dewasa ini bisa menyerang siapa saja bahkan dari kalangan umur berapa saja dengan penyebab yang hampir sama terjadi pada setiap individunya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel