Ingin Menikah Budget Murah? Ini Persiapan yang Harus Dilakukan!

Pernikahan adalah momen sakral yang diharapkan oleh setiap manusia untuk terjadi seumur hidup sekali dengan satu pasangan hingga maut memisahkan. Namun, jika menikah budget murah harus Anda lakukan, apakah itu akan mengurangi momen sakral di pernikahan Anda? Tentu saja tidak. Menikah menggunakan pesta atau tanpa pesta tetap sakral karena itu janji yang diucapkan oleh Anda dan pasangan kepada Tuhan.

Di Indonesia sendiri, pesta pernikahan sangat penting untuk dilakukan. Selain ingin merayakan momen sakral tersebut, pernikahan yang biasa saja kadang menjadi bahan gunjingan tetangga. Sehingga jika ingin menikah budget murah harus dipertimbangkan lagi jika tidak ingin merasakan telinga panas, karena gunjingan dan hinaan orang-orang di sekitar Anda.


Namun, jika memang tidak mempunyai cukup banyak uang, apakah kita harus memaksakan kehendak untuk merayakan pernikahan yang mewah? Tentu itu akan menyusahkan Anda, bukan? Sekarang, abaikan apa yang akan dibicarakan tetangga terhadap pernikahan Anda. Hal yang terpenting, janji suci yang Anda ucapkan pada pasangan dan Tuhan bisa segera disahkan dan legal di mata hukum negara.

Sekarang untuk menikah budget murah bukanlah hal yang hina karena Anda bisa mengakalinya dengan berbagai cara. Ada banyak ide yang bisa Anda lakukan agar pesta pernikahan Anda tidak mahal, tapi masih ada kesan elegannya. Bagaimana caranya? Kami akan beritahu informasi berikut ini.

Tips Persiapan Menikah Budget Murah

Pernikahan Anda tentu tidak ingin berakhir tragis, bukan meskipun menikah budget murah? Untuk itulah, persiapan harus Anda lakukan agar tidak berantakan. Persiapan yang matang juga tidak akan mempermalukan diri Anda dihadapan para tamu dan keluarga besar. Tidak ada seorang pun yang melakukan pernikahan tanpa adanya persiapan, meskipun menyerahkannya pada WO.

Baca Juga : Cara Sederhana Ini Bisa Membahagiakan Dan Menyenangkan Hati Istri

Meskipun Anda menikah budget murah, jangan putus asa, ada banyak orang yang menikah sederhana tapi hasilnya bisa luar biasa bila Anda memiliki ide kreatif untuk mengakalinya. Sebelum memilih konsep pernikahan sederhana yang akan memakan biaya sedikit, ada baiknya Anda ketahui tipsnya terlebih dulu :

1. Tips pertama untuk pernikahan sederhana dengan budget yang minim adalah dengan memikirkan tempat untuk menikah. Jika budget yang Anda miliki sedikit, tentu tidak akan menyewa gedung mewah yang ada di hotel. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah Anda ataupun menyewa gedung yang ada di kompleks.

2. Kemudian yang kedua, usahakan untuk mengundang tamu yang tertentu saja. Karena budget yang tidak banyak, jangan mengundang tamu banyak-banyak.

3. Pikirkan mengenai hidangan yang akan disajikan. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih katering yang murah tapi kualitas bagus dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah tamu atau dilebihkan sedikit. Usahakan juga, katering sudah 1 paket dengan tenda dan dekor pernikahan.

4. Untuk undangan dan souvenir, jangan terlalu berlebihan. Untuk teman atau sanak saudara yang jauh, Anda bisa mengundangnya melalui surat elektronik atau media sosial. Souvenir juga bisa yang harganya terjangkau.

5. Kemudian jika untuk acara, antara akad/pemberkatan dan pesta jangan dipisah di hari lain. Tapi gabungkan dalam satu hari. Jadi, setelah akad/pemberkatan, dilanjut dengan acara pestanya.

6. Dan tips menikah budget murah yang terakhir adalah pemilihan baju pengantin. Jika Anda memang sudah mempersipkan jauh-jauh hari, bisa membuat sendiri dan sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Karena jika menyewa baju pengantin dengan harga murah, takut tidak sesuai dengan ekspektasi.

Baca Juga : Cara Menjadi Suami Idaman Bagi Istri, Lakukan 7 Langkah Langkah Berikut ini

Tips tersebut bisa Anda terapkan menjelang pernikahan Anda. Memang Anda harus lebih bekerja keras karena budget yang minim jadi harus mencari cara, agar pesta pernikahan bisa berjalan dengan baik. Tapi jika Anda berhasil melakukannya, uang tabungan Anda pun selamat dan bisa digunakan untuk kepentingan yang lain.

Ide Kreatif yang Harus Diterapkan di Pesta Pernikahan Sederhana

Nah, jika menikah budget murah memang harus kreatif. Tak perlu menyewa gedung disebuah hotel berbintang, itu akan membobol tabungan Anda lebih dalam. Dan berikut adalah ide kreatif yang bisa Anda terapkan, agar pesta pernikahan sederhana Anda terkesan unik dan tidak membosankan :

1. Pernikahan Tamasya

Apakah Anda sudah pernah mendengar hal ini? Mungkin bisa Anda terapkan untuk pernikahan Anda agar tidak mengeluarkan budget tinggi. Pernikahan ini menggabungkan antara menikah dan juga bertamasya bersama dengan keluarga ke sebuah daerah wisata.
Suasana pernikahan pun akan semakin privat karena hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat terdekat. Tapi, perlu digaris bawahi, tempat wisata yang dikunjungi jangan terlalu jauh, ya.

2. Memanfaatkan Taman Rumah

Rumah Anda luas dan memiliki taman? Manfaatkan untuk dijadikan tempat pesta pernikahan Anda. Ada banyak konsep yang bisa Anda tiru untuk pesta taman dalam pernikahan. Bisa saja Anda menyewa tenda dan didekor sedemikian rupa agar tidak terkesan monoton.

3. Makanan Dari Gerobak Jajanan

Jika tidak ingin biaya banyak di makanan, Anda bisa mengakalinya dengan memborong gerobak jajanan untuk menjadi hidangan pesta. Selain murah, Anda juga tidak terlalu memikirkan menu makanan katering.

4. Jangan Memakai Adat

Pernikahan di Indonesia memang tidak jauh-jauh dari adat asal pengantinnya, tapi justru pesta adat tersebut yang memakan biaya yang cukup banyak. Untuk itu, Anda jangan memakai adat dalam acara pesta pernikahan. Tak apa, masih tetap sah, kok, pernikahannya.

Hal-Hal yang Dilarang Saat Mempersiapkan Pernikahan Sederhana

Dalam pernikahan, pasti semua orang menginginkan agar acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai apa yang telah direncanakan. Tapi, ada pula yang gagal dan berakhir pahit karena di awal persiapan, ada hal-hal yang dilarang, malah dilakukan oleh orang yang bersangkutan.

Baca Juga : 4 Hal Yang Harus Diketahui Pria, Sebelum Menikahi Seorang Wanita

Agar Anda yang baru pertama kali mengadakan pesta pernikahan tidak gagal, berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama mempersiapkan pernikahan tersebut :

a. Pertama, Anda jangan pernah berpikir jika pernikahan sederhana akan mengeluarkan budget yang lebih murah dari perkiraan Anda. Meskipun sederhana, ada baiknya Anda sedikit melebihkan uang yang sudah Anda perkirakan.

b. Kedua, memilih lokasi yang salah. Misalnya, Anda ingin mengadakan pesta kebun di halaman rumah tanpa tenda, tapi di sisi lain juga sedang dalam musim hujan. Jika cuaca sedang tak menentu, ada baiknya Anda sewa tenda saja.

c. Ketiga, karena Anda menikah budget murah dan persiapannya tidak begitu banyak, Anda akhirnya mempersiapkan belakangan. Sehingga pada hari H malah banyak kekurangan yang seharusnya tidak boleh terjadi.

d. Keempat, Anda tidak memilih vendor pernikahan yang tepat atau terlalu lama memilihnya sehingga akan sulit menemukan konsep yang pas dengan budget minim yang Anda miliki.

Baca Juga : Cara Mempertahankan Pernikahan Agar Awet Hingga Maut Memisahkan

Jangan sampai hal-hal di atas merusak momen bersejarah Anda dengan pasangan. Tak salah jika Anda  menikah budget murah, tapi harus menggunakan persiapan yang benar-benar matang dan tidak boleh para tamu malah susah ketika mendatangi pesta Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel