Inilah Penyebab Jerawat, Jenis Serta Cara Menghilangkannya

Pasti diantara kita pernah mengalami kulit yang terkena jerawat Ada banyak penyebab jerawat yang biasa kita temui. Nah, pada artikel kali ini akan kita bahas mulai dari jenis, penyebab hingga cara penanganan jerawat.

Jerawat merupakan satu kondisi kulit yang sedang tidak normal. Kelenjar kulit sedang terkena infeksi serta radang. Bentuk dari jerawat memang kurang enak untuk dipandang mata, mengganggu serta akan membuat Anda tidak percaya. Dan terkadang saat disentuh jerawat juga terasa sakit. Lantas apa saja sih jenis-jenis jerawat? Berikut informasinya untuk Anda:


Jenis-Jenis Jerawat yang Biasa Ditemui

1. Jerawat jenis Whitehead

Jerawat yang satu ini terjadi saat pori-pori ditutupi oleh lapisan tipis kulit dengan sel kulit yang mati ataupun kotoran, membuat gumpalan bulat putih di kulit. Penyebab jerawat jenis ini bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Akan tetapi, faktor yang paling sering ditemukan ialah karena minyak, perubahan hormonal serta sel kulit mati.

2. Blackhead- Jerawat di zona T

Blackhead ini terjadi disebabkan oleh pori-pori yang tertutup lapisan kulit yang kemudian menimbulkan komedo dan dibiarkan terbuka serta terkena udara. Itulah mengapa ia menjadi berwarna gelap. Adapun jerawat di zona t umumnya dikarenakan oleh polusi serta seringkali menghasilkan jerawat merah dan juga whitehead

3. Jerawat Hormonal

Nah yang satu ini ialah jerawat hormonal muncul sebab kelebihan minyak yang dihasilkan oleh hormon, hingga membuat penumpukan, pori-pori menjadi tersumbat, sampai akhirnya muncul jerawat. Adapun Pustula, Jerawat inilah benjolan yang berisi cairan atau juga nanah dimana itu adalah hasil dari infeksi bakteri pada pori-pori. Tingkat keparahannya tergantung pada banyak dan seberapa cepat jerawat tumbuh.

4. Jerawat kistik - fulminans

Jerawat kistik ini biasanya menyakitkan sebab timbul jauh di bawah permukaan kulit. Adapun jerawat fulminans, jenis jerawat ini adalah bentuk yang jarang ditemui dari jerawat kistik yang para serta sering terjadi pada remaja laki-laki. Selain jenis jerawat yang telah tersebut masih ada lagi jenis jerawat lain seperti jerawat nodul dan jerawat mechanica.

Penyebab-Penyebab Jerawat muncul

Biasanya penyebab dari jerawat yang timbul serta terjadi ialah karena hal-hal berikut, antara lain ialah sebab adanya sumbatan pada lapisan kulit mati di pori-pori yang terinfeksi, sebab lainnya juga ialah karena kelenjar minyak yang diproduksi secara berlebihan. Ada juga sebab faktor genetik turunan dari orang tua

Baca Juga : Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Serta Cara Mengatasinya

Kita juga bisa menemukan penyebabnya jerawat timbul ialah faktor hormone, seperti ketika seseorang mengalami pubertas menginjak belia. Hal lain yang menyebabkan jerawat ialah karena adanya iritasi pada kulit serta gaya hidup yang tidak sehat dan juga stress. Selain hal tersebut masih ada faktor lain yang menjadi penyebab jerawat.

Pada umumnya minyak serta lapisan kulit mati yang tidak dibersihkan akan menjadi sumbatan untuk pori-pori yang kemudian membentuk komedo. Komedo bisa berubah menjadi radang apabila terkena oleh bakteri propionibacterium acnes. Radang tersebutlah yang dikenal dengan istilah jerawat. Sebenanrnya setiap orang mempunyai ketahanan masing-masing dari bakteri tersebut.

Baca Juga : Waspada, Inilah Tanda-tanda dan Penyebab Keputihan

Jerawat pun tidak selalu muncul pada wajah, akan tetapi juga pada bagian lain seperti halnya pada punggung, lengan, dada, lengan dan lain sebagainya. Anda perlu menjaga pola hidup sehat serta memastikan makanan yang masuk bukan dari penyebab jerawat agar dapat menghindarinya. Adapun cara penanganan serta apa saja yang bisa digunakan untuk mengobatinya berikut akan dibahas:

Bahan-bahan Serta Cara Pengobatan Jerawat

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat Anda pakai untuk mengobati jerawat muncul. Kandungan Polifenol yang terdapat pada lidah buaya memiliki peran sebagai pembasmi jerawat di kulit ini dapat menghilangkan jerawat secara menyeluruh. Caranya ialah, ambil gel yang ada pada lidah buaya, lalu pakai seperti menggunakan masker. Diamkan saja kira-kira 20 sampai 30 menit.

2. Putih Telur

Pada putih telur terdapat kandungan enzim lysonzim yang dapat dipakai sebagai bahan untuk mengobati jerawat secara ampuh. Caranya ialah dengan memisahkan putih telur dari kuningnya. Anda perlu menambahkan sedikit air perasan lemon, lalu oleskanlah campuran tersebut secara merata di wajah Anda. Diamkanlah kurang lebih 15 sampai 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga : Ketahui Ciri-Ciri Kanker Serviks Sejak Dini Sebelum Terlambat

3. Bawang Putih

Pada bawang putih juga terdapat sulfur, dimana itu dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Caranya ialah dengan mengambil 1 siung bawang putih, lalu potong-potong. Setelah itu, tempelkan bawang putih pada jerawat atau bisa juga pada bekas jerawat. Selain itu, meghilangkan jerawat juga Anda bisa menggunakan air lemon, madu, cuka apel, es batu dan lain sebagainya.

Baca Juga : Review Wardah Acne Spot Gel, Cepat Membuat Jerawat Kering

Nah itulah informasi tentang permasalahan jerawat yang biasa kita temui. Intinya jerawat yang timbul ialah sebab kebiasaan buruk yang dilakukan, baik itu gaya hidup atau pun asupan makanan. Untuk itu alangkah baiknya Anda mengevaluasi tentang kebiasaan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang mencari penyebab jerawat serta cara pengobatannya. Terimakasih!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel