Kenali Penyebab Perselingkuhan Ini Dan Solusinya Untuk Mempertahankan Hubungan

Ada banyak penyebab perselingkuhan yang jarang disadari oleh sebagian besar orang. Sehingga, hal ini membuat hubungan mereka hancur karena terjadi perselingkuhan itu. Perselingkuhan sendiri merupakan suatu bentuk dari pengkhianatan terhadap pasangan. Sehingga, perbuatan ini tidak bisa ditoleransi. Sekali saja melakukan perselingkuhan, selamanya tidak akan pernah dipercaya oleh pasangan.

Karena biasanya sekali selingkuh, itu akan membuatnya mengulangi hal yang sama disaat ada kesempatan. Perselingkuhan sendiri biasanya dapat terjadi karena ketidakpuasan terhadap pasangan. Sehingga, hal ini membuat salah satu pihak merasa tergoda dan mencari pelampiasan lain. Padahal, jika sama-sama mau berkomitmen dan menjaga komunikasi dengan baik, perselingkuhan pasti tidak akan pernah terjadi.


Tidak hanya itu saja, perselingkuhan juga bisa terjadi disaat tidak ada kesepakatan awal diantara kedua belah pihak saat berhubungan. Dimana seharusnya ada kesepakatan berupa konsekuensi bila ada pasangan yang berselingkuh. Dengan begitu, pasangan merasa bebas untuk berselingkuh, karena dari awal tidak ada kesepakatan berupa konsekuensi yang akan diterima jika melakukan perselingkuhan.

Nah, untuk menghindarinya, sebaiknya pahami beberapa penyebab perselingkuhan sejak dini. Sehingga, Anda tahu apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi perselingkuhan diantara Anda dan pasangan. Dengan begitu, perpisahan tidak akan pernah terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya perselingkuhan yang marak terjadi, namun jarang disadari oleh semua orang, antara lain:

Tidak Memiliki Kesepakatan Bersama Diantara Keduanya

Salah satu penyebab perselingkuhan adalah karena hubungan Anda tidak ada konsekuensi dan kesepakatan bersama jika ada yang berselingkuh. Sehingga, pasangan merasa leluasa dan tidak akan merasa takut jika si dia melakukan perselingkuhan. Maka dari itulah, dibutuhkan batasan diri untuk hubungan Anda dan pasangan dalam kadar yang sewajarnya.

Baca Juga : Anda Akan Menyakiti Pasangan Jika Selalu Minder, Ini Alasannya!

Jadi, batasan diri disini bukanlah untuk menutup diri dengan pasangan saja. Namun, cara ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh dua belah pihak. Batasan diri itu sendiri bisa dibuat dalam bentuk kesepakatan, berupa apa saja yang tidak dapat ditoleransi dalam hubungan dan mana yang boleh dilakukan.

Beberapa hal yang tidak bisa ditoleransi, meliputi perselingkuhan, kebohongan, dan kekerasan. Setelah membuat kesepakatan bersama tentang batasan diri dengan pasangan, Anda harus membuat konsekuensinya juga bila ada yang melanggar hal tersebut. Misalnya saja dengan langsung mengakhiri hubungan. Atau bisa juga memberikan kesempatan satu kali untuk memperbaiki kesalahan.

Yang pasti, apapun kesepakatan yang sudah dibuat, semuanya harus bisa menguntungkan dua belah pihak. Jadi, tidak ada yang merasa dirugikan. Harus sama-sama untung agar keduanya tidak merasa berat sebelah dalam menjalani hubungan ini. Dengan begitu, hubungan bisa lebih harmonis dan tidak ingin mencari pelampiasan lain dengan cara berselingkuh.

Komunikasi Tidak Lancar Penyebab Perselingkuhan

Penyebab perselingkuhan lainnya adalah karena adanya komunikasi yang tidak lancar. Sehingga, ada yang merasa tidak dipedulikan lagi. Maka dari itulah, jika terjadi perselingkuhan, sebaiknya jangan langsung marah. Cobalah untuk introspeksi diri dulu dan lakukan evaluasi terhadap hubungan Anda. Bisa saja pasangan berselingkuh karena Anda sudah tidak pernah peduli dengannya.

Baca Juga : Hindari Hal Ini Jika Tidak Ingin Menjadi Jomblo Abadi!

Ini juga bisa terjadi disaat Anda tidak memiliki waktu lagi untuk pasangan dan selalu sibuk sendiri dengan urusan Anda. Sehingga, tidak ada komunikasi yang baik dan lancar disini yang mengakibatkan terjadinya perselingkuhan. Saat tidak ada komunikasi, hal ini bisa menjadi penyebab perselingkuhan. Karena pasangan pasti akan mencari pelampiasan.

Pelampiasan dari orang-orang yang bisa memberikan waktu untuknya dan selalu peduli dengannya. Karena saat perselingkuhan itu terjadi, biasanya hal ini terjadi karena Anda tidak tahu apa yang diinginkan oleh pasangan dan pasangan tidak pernah mengatakan masalah, keluhan, dan harapan untuk hubungan ini. Maka dari itulah, ada baiknya selalu selesaikan semua permasalahan dengan komunikasi yang baik.

Cobalah untuk berdiskusi dan membicarakannya dengan baik-baik. Mintalah pasangan untuk menyampaikan keluhan dan harapan untuk hubungan yang Anda jalani. Sehingga, Anda tahu apa yang harus dibenahi dan sikap seperti apa yang harus diubah. Menjadi pendengar yang baik kepada pasangan juga bisa membuat si dia merasa diperhatikan dan tidak akan berselingkuh.

Dampak dari Ada Kesempatan untuk Berselingkuh

Jika pasangan Anda berselingkuh, bisa jadi memang ada kesempatan untuk melakukannya. Sehingga, si dia pasangan Anda merasa tertantang untuk mencoba sesuatu yang baru. Jadi, penyebab perselingkuhan selanjutnya ini adalah karena memang ada kesempatan. Kesempatan itu sendiri bisa didapatkan dari lingkungan dan pergaulan yang cukup luas, dan Anda lengah dibuatnya.

Karena Anda terlalu memberikan kebebasan padanya tanpa mempedulikannya. Meskipun menaruh kepercayaan dan kebebasan itu baik. Namun, Anda tidak boleh lengah. Pastikan untuk bisa menjaga dan selalu peduli dengannya. Kesibukan dan ketidak pedulian Anda  terhadap pasangan bisa membuatnya merasa leluasa untuk memanfaatkan keadaan yang ada untuk mencari perhatian orang lain.Maka dari itulah, sesibuk apapun, Anda harus tetap meluangkan waktu untuk tetap memperhatikan dan peduli dengan pasangan. Jangan menunggu sampai si dia mendapat perhatian lebih dari orang lain. Karena saat itu terjadi, jangan harap si dia akan kembali pada Anda. Sudah pasti si dia akan lebih memilihnya karena merasa diperhatikan.

Baca Juga : Tips Agar LDR Sukses Anti Putus Dan Anti Baper

Jadi, cobalah untuk memberikan perhatian kecil dengan cara memberikannya semangat. Bisa juga mengingatkan jam makan siang. Sehingga, dia akan merasa Anda mengingatnya dan peduli dengannya. Jangan hanya sibuk dengan dunia Anda sendiri hingga melupakannya dan tidak memiliki waktu untuk pasangan Anda. Karena itu pasti akan membuatnya mencari idaman lain.

Jenuh dengan Pasangan Penyebab Perselingkuhan

Jenuh adalah kata yang tidak bisa dihindari untuk sebagian besar orang. Padahal, jenuh bisa menjadi salah satu penyebab dari keretakan hubungan. Karena dengan jenuh itulah membuat pasangan akan berselingkuh. Pasangan yang mulai jenuh dengan hubungan yang monoton begitu saja akan membuatnya mencari hal-hal baru yang lebih menantang.

Biasanya kejenuhan itu terjadi karena tidak pernah ada hal yang baru dalam hubungan Anda. Tidak ada komunikasi yang baik, tidak ada kejutan baru, sehingga hubungan terlihat membosankan. Pasangan yang mulai jenuh pasti mencari tantangan baru dengan cara mencari kenalan orang baru. Dimana orang tersebut bisa memberikannya pengalaman baru dan petualangan baru yang menantang untuknya.

Itulah kenapa perselingkuhan itu bisa terjadi. Maka dari itulah, jangan pernah berhenti untuk mencari hal-hal menarik dan baru yang bisa dilakukan bersama dengan pasangan. Perbarui juga cara berkomunikasi Anda dan jangan pernah takut untuk keluar dari zona nyaman. Dengan berkomunikasi dengan baik dan selalu mempertahankan keromantisan, itu akan membuat Anda jauh dari kata perselingkuhan.

Baca Juga : Hanya Dijadikan Pilihan Kedua Oleh Pasangan? Ini Solusinya!

Kalaupun pasangan Anda ketahuan berselingkuh, sebaiknya jangan langsung menyalahkannya. Dengarkan penjelasannya dengan pikiran dan hati yang tenang. Karena perselingkuhan itu bisa terjadi karena ada kesalahan yang terjadi diantara kedua belah pihak. Bisa jadi si dia berselingkuh karena Anda terlalu sibuk dengan dunia Anda sendiri. Sehingga, hal inilah yang kemudian menjadi penyebab perselingkuhan.

Keyword: penyebab perselingkuhan

Deskripsi: Salah satu penyebab perselingkuhan adalah tidak ada komunikasi yang baik. Sehingga, ada yang merasa tidak diperhatikan dan mencari pelampiasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel