Ketahui Ciri-Ciri Kanker Serviks Sejak Dini Sebelum Terlambat

Kanker serviks adalah penyakit yang sangat berbahaya, Anda perlu mengetahui  ciri-ciri kanker serviks agar dapat mengobati penyakit ini sebelum lebih parah lagi. Penyakit yang juga dikenal dengan nama kanker leher rahim adalah kanker yang menyerang leher rahim pada wanita.

Hal itu dikarenakan oleh Human Papilloma Virus. Umumnya kanker ini akan disadari saat sudah memasuki stadium lanjut. Oleh keran itulah, Anda perlu pemeriksaan secara rutin, serta mengamati ciri kanker serviks tersebut, supaya Anda dapat melakukan pengobatan secepatnya.


Faktor Penyebab Timbulnya Kanker Serviks

Bisa kita katakan jika semua kasus kanker serviks dikarenakan oleh human papillomavirus atau biasa disebut HPV. Terdapat lebih dari seratus jenis HPV, syukurnya saat ini diketahui hanya ada kira-kira tiga belas jenis virus yang dapat menyebabkan kanker serviks. Biasanya virus ini tertular akibat hubungan seksual.

Virus ini dapat menghasilkan dua jenis protein, yakni E6 serta E7 pada tubuh wanita. Kedua jenis protein ini sangat bahaya sebab dapat menonaktifkan gen-gen tertentu di dalam tubuh wanita yang memiliki peran untuk menghentikan berkembangannya tumor. Kedua protein tersebutlah yang menyebabkan bertumbuhannya sel-sel dinding rahim dengan agresif.

Baca Juga : Penyebab Step Pada Anak, Begini Cara Mengatasinya

Bertumbuhnya sel yang tidak wajar itulah yang akhirnya menjadi penyebab perubahan gen Mutasi gen itu lantas menyebabkan kanker serviks berkembang di dalam tubuh.Beberapa jenis HPV tak menimbulkan gejala. Akan tetapi sebagian diantaranya dapat menyebabkan kutil pada kelamin. Jenis lainnya pun menjadi penyebab kanker serviks. Yang dapat mendiagnosis dan memastikan itu hanya dokter.

Diketahui ada dua turunan dari virus HPV yaitu HPV 16 dan HPV 18 memiliki peran 70% dari penyebab kanker serviks. Jenis ini tidak menimbulkan gejala yang jelas, jadi banyak wanita tidak mengetahui jika mereka terkena infeksi. HPV bisa dengan mudah diketahui lewat tes pap smear. Tes pap smear begitu penting agar dapat mencegah kanker jenis ini. Berikut ini beberapa ciri-ciri kanker serviks yang harus anda ketahui.

Ciri Kanker Serviks yang Perlu Diketahui

1. Pendarahan vagina yang tidak normal

Saat seorang wanita mengalami kanker serviks, biasanya gejala yang muncul ialah perdarahan secara tidak normal di vagina. Hal ini terjadi lebih banyak atau pun bisa lebih sedikit dari menstruasi saat kondisi biasa. Gejala ini bisa terjadi pada periode menstruasi dan juga pada wanita yang telah menopause. Pendarahan itu juga dapat terjadi ketika melakukan hubungan seksual.

2. Mengalami keputihan yang tidak biasa serta Rasa nyeri

Ciri-ciri kanker serviks lain yang bisa diketahui ialah keputihan secara tidak normal. Lendir keputihan menjadi berubah warnanya, aromanya tidak sedap atau tercium bau, hal itu juga merubah tekstur serta konsistensi cairan vagina. Kanker serviks juga akan menimbulkan tanda yang lebih beragam salah satunya ialahrasa nyeri saat berhubungan intim.

3. Frekuensi buang air kecil meningkat -pembengkakan pada tungkai

Sepertinya kaum wanita perlu berhati-hati apabila merasa sakit saat buang air kecil serta tidak dapt menahan keinginan ke kamar mandi, sebab hal itu dapat menjadi ciri-ciri kanker serviks.Serta saat kanker serviks telah masuk stadium lanjut, juga akan menimbulkankomplikasipembengkakan pada tungkai.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh! Inilah Bahaya Asap Rokok Pada Bayi

4. Kehilangan nafsu makandan juga Mudah lelah

Wanita yang mengidap penyakit kanker serviks akan mendapatkan penurunan ataupun hilangannya nafsu makan. Hal itu disebabkan sel kanker menyebar yang membuat tubuh sulit mendapat asupan.Ciri lain juga yang dapat dikenali saat Anda terkena kanker serviks adalah, Anda akan mudah lelah, mengalami sembelit sertabercak darah di urine.

Seberapa Bahaya Kanker Serviks Pada Wanita?

Di dunia sangat mudah menemukan kanker serviks. Menurut catatan WHO selaku Badan Kesehatan Dunia, kanker serviks adalah jenis kanker nomor 4 yang paling sering menyerang kaum hawa. Lebih lanjut, WHO pun mengamati jika angka kanker jenis ini lebih besar terjadi di negara-negara berkembang dibanding di negara-negara maju.

Baca Juga : Waspada, Inilah Tanda-tanda dan Penyebab Keputihan

Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan pun mencatatkan jika kanker serviks menduduki peringkat ke2 pada jenis kanker yang paling banyak dijumpai sesudah kanker payudara.  Di setiap tahunnya saja, tercatat ada kurang lebih 40.000 kasus dari kanker serviks yang mengenai perempuan Indonesia. Karena itu Anda perlu untuk berhati-hati terhadap kanker ini.

Kanker ini dapat menyerang siapapun dan dengan usia berapapun. Akan tetapi, semakin bertambahnya usia, seseorang akan memiliki resiko terkena kanker leher rahim semakin besar.fator-faktor risiko dari kanker jenis inilah yang perlu dihindari. Anda perlu mendiskusikan hal ini dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga : Gejala Kanker Payudara Yang Wajib Diketahui Oleh Semua Wanita

Deteksi kanker serviks lebih dini sangat penting Anda lakukan sebab semakin dini kanker diketahui, maka harapan untuk akan lebih tinggi juga. Vaksinasi HPV guna mencegah kanker serviks pun penting didapatkan. Apabila ditemui gejala yang menunjukkan kanker serviks, segaralah konsultasi kepada dokter. Demikian artikel tentang ciri-ciri kanker serviks, semoga bermanfaat!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel