Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui dari Bau Mulut

Bau mulut sebenarnya sudah masuk pada kesehatan. Bila Anda menderita hal tersebut, memang ada yang salah mengenai kesehatan mulut Anda. Adanya bau dalam mulut memang memberikan efek yang begitu besar pada tubuh. Selain mengganggu rasa kepercayaan diri kita, bau pada mulut juga akan sangat mengganggu bagi lawan bicara kita. Sangat malu bukan, ketika kita bicara tapi lawan bicara kita tutup hidung?


Memang, untuk masalah bau tak sedap pada mulut bukanlah masalah medis yang parah. Tapi, ternyata bau pada mulut juga bisa menandakan suatu gejala penyakit tertentu, lho! Untuk itulah Anda harus benar-benar jangan mengabaikan bau pada mulut Anda. Maka dari itulah, kami di sini akan menjelaskan dengan baik mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Bau pada mulut juga disebut dengan halitosis, dan ini disebabkan karena beberapa hal. Namun, menurut studi, memang 80% dari bau tersebut disebabkan karena adanya gangguan pada kesehatan gigi dan mulut. Seperti, gigi berlubang, gusi bengkak, sariawan dan lain sebagainya.

Untuk itulah, mengetahui bau mulut berasal dari masalah kesehatan gigi dan mulut, Anda harus menjaga kedua hal tersebut. Sisa makanan yang tertinggal di mulut akan menyebabkan bakteri berkumpul dan menjadi penyebab mulut menjadi bau. Dan perlu Anda ketahui, sisa makanan yang tertinggal di mulut ternyata lama bila dihancurkan.

Baca Juga : Gejala dan Penanganan Penyakit Asam Lambung, Jangan Anggap Remeh!

Gosok gigi yang rajin dan bersih adalah kunci untuk menghindari adanya bau pada mulut. Kemudian di bawah ini, selain menggosok gigi ada hal lain yang menyangkut kesehatan gigi dan mulut. Berikut akan kami bahas agar tak ada lagi masalah bau pada mulut yang sangat mengganggu, maka perhatikan informasi berikut ini.

Penyebab Bau Pada Mulut yang Dialami Banyak Orang

Apakah bau mulut terjadi secara tiba-tiba? Tentu saja tidak. Mulut yang bau terjadi karena ada penyebabnya. Tak mungkin mulut Anda bau tanpa sebab yang pasti. Bau pada mulut memang membuat kita risih. Selain menyebabkan Anda tidak percaya diri, bau tersebut kadang membuat diri Anda merasa risih dan pusing sendiri jika menciumnya.

Apalagi bagi yang memiliki gigi berlubang, sudah pasti bau tak sedap akan muncul jika malas gosok gigi. Itu dikarenakan sisa makanan dan bakteri yang ikut berkumpul di lubang gigi. Sementara itu, penyebab yang lain adalah sebagai berikut :

A. Xerostomia

Xerostomia atau mulut kering adalah gangguan kesehatan pada mulut yang disebabkan karena hal-hal kecil yang terlupakan. Biasanya karena dehidrasi kekurangan cairan sehingga produksi air liurnya sedikit. Karena itulah mulut menjadi bau karena kekurangan air liur.

B. Sinusitis

Situasi ini di mana Anda memiliki kandungan lendir yang kental dan amat bau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Sehingga, sudah gosok gigi pun, bau mulut tersebut masih ada. Lebih parahnya, orang yang menderita sinusitis tidak mencium bau yang lain dengan baik.

C. Gangguan Pencernaan

Maag, asam lambung dan GERD adalah penyakit pencernaan yang bisa membuat mulut Anda bau. Hal itu disebabkan karena asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke esofagus bahkan bisa ke mulut Anda.

Kemudian asam lambung yang naik tersebut akan tertinggal di mulut dan menyebabkan aroma yang tidak sedap darinya. Sebaiknya, jika Anda sudah kenal penyakit ini, harus waspada.

Penyebab inti dari mulut bau adalah tiga hal tersebut. Untuk sebab yang lainnya memang bisa disebabkan karena makan-makanan yang Anda konsumsi. Tapi Anda jangan menyepelekan bau pada mulut, ya! Karena bau pada mulut pun memiliki jenis-jenis tersendiri yang menunjukkan suatu gejala seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Jenis-jenis Bau Mulut yang Mengindikasikan Suatu Penyakit

Pernah tidak bau pada mulut Anda menjadi aneh dan tidak seperti bau pada umumnya? Hati-hati, bisa saja bau tersebut mengindikasikan suatu penyakit tertentu yang bisa saja membahayakan Anda.

Untuk itulah, sebagai bahan pengetahuan Anda, berikut adalah beberapa jenis bau pada mulut yang mengindikasikan suatu penyakit :

1. Pernahkah bau pada mulut Anda seperti kotoran? Menurut para ahli kesehatan, bau seperti kotoran di mulut menandakan jika gusi Anda mengandung bakteri anaerob yang ada dalam mulut. Dan hal ini disebabkan kurang bersih dalam membersihkan mulut.

2. Bau seperti mulut yang kering, atau xerostomia karena kekurangan air liur dalam mulut. Bau seperti ini memang sulit untuk didiskripsikan. Tapi jika Anda mengalami bau pada mulut seperti ini, segera atasi karena bisa menyebabkan masalah gusi dan kerusakan gigi.

3. Bau amis pada mulut berarti sulfur atau nitrogen memang menjadi penyebab utamanya. Bau ini mengindikasikan suatu penyakit di ginjal.

4. Bau mulut seperti susu fermentasi. Bau ini diderita oleh para pelaku diet rendah karbohidrat namun dengan tinggi protein. Jika Anda sedang melakukan diet dan memiliki bau seperti ini pada mulut Anda, berarti diet Anda tidak sehat.

5. Bau seperti daging busuk sepertinya ada masalah dengan tonsilitis Anda.

6. Bau seperti kamper pada mulut disebabkan karena terbentuknya lendir ketika hidung Anda tersumbat.

7. Dan jika ada bau seperti buah pir, bisa saja Anda mengalami penyakit diabetes tipe 1.

Baca Juga : Ternyata Ini Hubungan Penyakit Jantung, Stroke, Dan Hipertensi

Dari ketujuh jenis bau tersebut, mana yang pernah Anda rasakan? Segera konsultasikan ke dokter untuk tahu lebih jelasnya.

Cara Mengatasi Bau Pada Mulut Dengan Baik

Mengesampingkan jenis bau dan penyakit yang mengindikasikannya, tentu Anda tidak mau, bukan jika selamanya mulut Anda bau? Untuk itulah, Anda harus tahu cara untuk menghilangkan bau tersebut. Kemudian inilah beberapa cara yang tepat untuk menghilangkan bau pada mulut agar tampil lebih percaya diri :

Gunakan sikat gigi flouride dan gosok gigilah dengan baik dan benar. Terutama 15 menit setelah makan. Sehingga bau mulut dari sisa makanan yang tertinggal dapat hilang.

Setiap 2 atau 3 bulan sekali, usahakan Anda mengganti sikat gigi Anda dengan rutin.

Anda juga harus rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Berhenti merokok dan juga minum alkohol

Selalu makan-makanan yang sehat dan memiliki vitamin yang tinggi.

Trik Mengatasi Bau Mulut Ketika Keadaan Darurat

Jika di atas adalah cara menghilangkan bau pada mulut secara berkelanjutan. Tapi bagaimana menghilangkan bau pada mulut dalam waktu singkat, karena ada acara yang akan Anda hadiri atau keadaan darurat lain? Maka inilah caranya :

1. Makan buah terutama buah yang banyak mengandung vitamin C

2. Bersihkan lidah dengan alat penggosok lidah

3. Kunyahlah permen karet rasa mint

4. Berkumur menggunakan obat kumur yang ekstra membunuh bakteri dalam waktu singkat.

5. Kemudian yang terakhir adalah makan yoghurt.

Baca Juga : Penyakit Gula Darah Tinggi Bisa Disembuhkan Dengan Obat Alami

Kelima tips tersebut akan sangat instan untuk menghilangkan bau pada mulut Anda. Karena mulut yang bau tidak enak, maka Anda harus jaga kesehatan mulut Anda dengan baik. Jika bau mulut Anda tak juga hilang dan bahkan semakin buruk, bukankah Anda sendiri yang malu?

Keyword : bau mulut

Deskripsi : Bau mulut sebenarnya sudah masuk pada kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel