Cara Optimasi WordPress untuk Meningkatkan Traffic

Dunia blogging saat ini cukup menarik minat banyak orang, sehingga banyak yang mencari informasi cara optimasi WordPress. Wordpress sendiri menjadi platform terbaik saat ini untuk membangun website pribadi. Itu karena Wordpress memang sudah dikode dengan baik.


Namun sayangnya, masih banyak pemula yang mengacaukan WordPress mereka dengan menggunakan plugin berkualitas rendah, menggunakan web yang buruk serta memenuhi situs dengan elemen yang tidak dibutuhkan. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa traffic kunjungan ke website cukup rendah. Karena kecepatan website menjadi faktor penting bagi web Anda.

Mengapa kecepatan web dianggap penting? Sederhananya, jika waktu loading website Anda lambat, maka kemungkinan besar pengunjung bisa meninggalkan website Anda sebelum proses loading selesai. Menurut penelitian, apabila waktu loading di web Anda lebih dari 3 detik, maka hampir setengah dari pengunjung Anda akan kabur. Padahal 1 detik delay waktu loading akan mengurangi conversion rate sebesar 7%.

Inilah mengapa cara optimasi WordPress menjadi salah satu faktor penting dalam SEO yang harus diutamakan. Google dan search engine yang lainnya akan memberi pinalti pada website yang memiliki waktu loading lambat. Sehingga ranking mereka di hasil pencarian pun akan menurun ke bawah, tentu ini adalah kabar buruk bagi traffic website Anda.

Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Website?

Banyak blogger pemula yang merasa bahwa website mereka baik-baik saja, karena mereka membuka website menggunakan device milik sendiri. Padahal cara mengecek seperti ini salah dan tidak dapat dijadikan patokan. Itu karena browser modern seperti Chrome telah menyimpan data-data web Anda di cache dan secara otomatis mengambil data dari folder tersebut untuk memastikan web langsung tersajikan ketika menekan enter.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Blog Di Wordpress Untuk Pemula

Tapi ingat, hal itu belum tentu terjadi pada komputer orang lain ketika akan mengunjungi website Anda untuk pertama kalinya. Ada kemungkinan besar pengunjung yang mengakses web Anda dari daerah yang berbeda mempunyai pengalaman yang sangat berbeda juga ketika mereka mengunjungi web Anda.

Sehingga, sangat penting untuk mengecek kecepatan website dengan menggunakan GTMetrix atau berbagai tools lainnya. Hal ini bisa jadi langkah utama dalam cara optimasi WordPress Anda. Karena dengan memanfaatkan beberapa tools tersebut, maka Anda bisa mengecek kualitas kecepatan website dari beberapa lokasi berbeda.

Hal-Hal yang Dapat Memperlambat Website

Bagi Anda yang menggunakan tools untuk mengecek kualitas kecepatan website, maka hasilnya nanti mereka juga akan memberitahukan apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki. Namun mereka biasanya menggunakan istilah-istilah teknis yang kadang tidak mudah dipahami oleh orang awam.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat website Anda memiliki loading yang cukup lama:

Web Hosting
Apabila web hosting Anda tidak dikonfigurasi dengan benar maka bisa mempengaruhi waktu loading website Anda.

Konfigurasi WordPress
Jika web Anda belum menyajikan halaman yang sudah tercache, maka bisa menyebabkan overloading pada server. Sehingga web akan menjadi lambat atau malah crash.

Ukuran Halaman
Faktor yang sangat berpengaruh pada sebuah halaman web yaitu gambar, sehingga pastikan ukuran gambar Anda tidak terlalu besar. Maka dari itu, cara optimasi WordPress ini perlu dilakukan, seperti pengaturan file gambar dalam halam wordpress tersebut.

Plugin yang buruk
Faktor lainnya yang dapat menurunkan kecepatan website yaitu plugin yang buruk. Jika Anda menggunakan plugin yang dikode buruk, maka dapat memperlambat kinerja website Anda.

External Scripts
External Scripts seperti fonts loaders, ads dan sebagainya bisa memiliki dampak besar terhadap performa kerja website Anda.

Cara Mengoptimasi Kecepatan WordPress 

Bagi Anda yang mengalami masalah loading web lama, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cara optimasi WordPress. Berikut ini beberapa diantaranya:

Optimasi tema website Anda
Banyak orang yang mungkin lebih memilih tema web keren, agar menarik perhatian pengunjung. Padahal tanpa disadari, Anda sudah menggunakan tema web yang dapat menyebabkan loading lambat. Pastikan Anda menggunakan tem yang ringan untuk proses loading. Tema default dari WordPress mudah diedit, ukurannya kecil dan sudah dikoding dengan baik. Sehingga lebih disarankan untuk menggunakan tema default saja.

Baca Juga : 5 Cara Menulis Artikel Dengan Cerdas Yang Menghasilkan Traffic Ramai 

Monitor plugin yang digunakan
Langkah yang pertama, Anda bisa minimalkan penggunaan plugin. Sebelum Anda menginstal plugin, maka sebaiknya pertimbangkan apakah benar-benar membutuhkan plugin tersebut atau tidak. Akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum menginstal plugin.

Optimasi widget yang digunakan
Cara optimasi WordPress yang selanjutnya adalah menggunakan widget yang mudah loading dan ringan. Pada beberapa widget perlu melakukan loading JavaScript atau CSS ketika sedang menjalankan render. Biasanya terjadi pada widget Facebook, Twitter dan Google+.

Melakukan caching pada WordPress
Melakukan caching juga menjadi cara optimasi Wordpress untuk meningkatkan traffic. Pada setiap halaman WordPress loading, informasi diambil kembali dari database dan file CSS. Informasi tersebut akan digabung dengan file HTML yang bisa loading di browser pengunjung. Caching bisa menyimpan file HTML yang memungkinkan pengunjung mengurangi waktu loadng.

Cara Optimasi Gambar Di Website

Selain cara optimasi kecepatan website, optimasi gambar juga sangat penting. Karena hal ini sering menjadi faktor utama loading berat pada suatu website. Sehingga Anda perlu melakukan optimasi gambar-gambar terlebih dahulu sebelum di upload ke website.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menemukan dimensi gambar maksimum untuk thumbail dan gambar yang berukuran medium atau large. Misalnya ketika Anda mengupload gambar berukuran 1024 pixel dengan area konten hanya 640 opixel, maka gambar Anda akan di resize secara otomatis menggunakan CSS.

Hal kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memperkecil gambar. Hal yang dimaksud memperkecil disini, yaitu mengurangi ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitas gambar. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan tools seperti reSmush.it atau tinypng. Selain itu, juga ada beberapa plugin di Wordpress yang dapat digunakan seperti Optimus.

Baca Juga : Tips Membuat Blog Yang Menarik Dan Tembus Ribuan Pembaca

Cara lainnya untuk melakukan optimasi gambar yaitu dengan lazy loading. Teknik ini sangat efektif digunakan pada web dengan banyak gambar. Karena gambar nantinya akan muncul saat pengunjung sudah di browser dan bukan ketika halaman loading. Sehingga dapat mempercepat waktu loading pada sebuah halaman. Meskipun akan tetapi delay untuk menyajikan gambar ketika halaman di scroll ke bawah.

Demikian itulah pembahasan tentang cara optimasi WordPress untuk meningkatkan kunjungan ke web dengan melakukan optimasi pada kecepatan loading web. Karena perlu diingat bahwa kecepatan loading yang buruk tidak hanya membuat kesan yang buruk pada web Anda, tapi juga pengunjung sehingga akan mempengaruhi SEO Anda. Sehingga pastikan bahwa web Anda dapat bekerja dengan cepat.

Dengan beberapa teknik optimasi WordPress tersebut, semoga bisa membantu para pemilik web yang masih pemula untuk meningkatkan kualitas kinerja website. Setelah Anda melakukan beberapa hal yang disarankan di atas, pastikan untuk menguji kecepatan situs sebelum dan sesudahnya agar dapat mengetahui perbedaannya. Selamat mencoba cara optimasi WordPress di atas, semoga membantu.

Keyword: cara optimasi WordPress

Deskripsi: Cara optimasi WordPress diperlukan bagi situs website agar memiliki waktu loading yang cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel