Perawatan Kecantikan yang Tepat Untuk Kulit Kering

Kulit kering adalah situasi di mana kulit Anda terlihat kasar dan kurang bercahaya. Pasti dari Anda ada yang mengalami situasi kulit yang kering. Memang jika dilihat dari fisiknya saja, kulit tipe kering ini tidak akan kelihatan. Terlebih lagi jika kulit yang kering itu tidak sampai bersisik. Tapi, jika sudah diraba dan dipegang, maka akan ketahuan bila kulit tersebut memang benar kering.


Kulit yang kering dan kulit dehidrasi memiliki pengertian yang berbeda meskipun pada dasarnya, kedua tipe kulit tersebut kekurangan kadar kelembapan pada kulit. Kulit yang tipe kering merupakan keadaan kulit yang lapisannya tipis, umumnya disebabkan karena faktor hormon. Sementara untuk kulit yang dehidrasi tidak hanya terjadi pada kulit berminyak, kering dan kulit normal pun bisa mengalaminya.

Wajah yang memiliki tipe kulit kering memang memerlukan perawatan yang tepat. Karena jika tidak dirawat, maka kulit wajah akan cepat keriput, terasa kasar dan lebih parahnya lagi akan mengelupas. Orang yang memiliki kulit tipe kering tentu saja menginginkan wajah yang kencang dan halus. Jadi, cari tahu segera mengenai perawatan kulit tipe ini.

Nah, untuk itulah kami akan memberitahu bagaimana perawatan yang tepat untuk wajah yang kering. Kemungkinan kulit yang kering disebabkan kekurangan cairan, sehingga kelembapan pada kulitnya berkurang. Dengan perawatan yang tepat, kelembapan wajah pun akan kembali.

Baca Juga : Rahasia Kecantikan Zaman Dahulu Yang Bisa Anda Coba Praktikkan

Dari perawatan yang Anda lakukan, tidak semata-mata langsung menghilangkan kulit yang kering pada wajah Anda, namun dapat mengurangi kulit yang kering tersebut dengan menjaga kelembapannya. Kemudian inilah berbagai cara yang tepat untuk melawat kulit dengan tipe kering tersebut.

Inilah Beberapa Penyebab dari Kulit Kering

Jika Anda bertanya, kenapa kulit wajah Anda bisa kering? Kulit yang kering adalah jenis kulit yang kekurangan aktivitas kelenjar minyak. Untuk itulah, kulit Anda menjadi terasa lebih keras dan juga kasar. Kulit yang normal dan sehat memiliki lapisan lipid pad kulitnya. Lipid adalah subtansi lemak alami yang bisa membuat kulit tetap lembab, lembut dan juga kenyal.

Namun, karena beberapa hal, lapisan lipid yang dimaksud di atas bisa hilang sehingga kulit tak terlindungi dan berubah kering. Faktor penyebab dari kulit kering itu ada beberapa macam. Kebanyakan adakah faktor eksternal, yaitu karena kandungan zat kimia yang terkandung pada sabun wajah yang tidak cocok.

Belum lagi karena salah pakai pelembab, konsumsi obat yang menyebabkan efek samping kulit menjadi kering. sementara untuk faktor intenalnya ada karena gangguan kesehatan, menopouse atau predisposisi genetik yang menyebabkan kulit menjadi kering. Agar kulit Anda tak lagi kering, kami akan memberikan beberapa cara atau tips untuk Anda yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Mempertahankan Kelembapan Kulit Wajah

Seperti yang sudah Anda ketahui, kulit kering disebabkan karena kelenjar minyak yang ada di dalam kulit tak bekerja dengan baik, sehingga kulit menjadi kering dan sampai ada yang terlihat kusam. Cara penting yang segera Anda lakukan adalah menjaga kelembapan kulit wajah Anda.

Bagaimana caranya? Untuk tetap mempertahankan kelembabkan kulit bisa dengan produk atau mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk Anda menjadi lebih baik lagi untuk melembabkan kulit wajah. Berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk melembabkan wajah Anda yang kering :

1. Pintar Memilih Facial Wash

Jika sudah tahu kulit Anda kering, jangan memilih pembersih wajah yang mengandung pewangi yang akan menambah iritasi pada kulit, sehingga kulit semakin kering.

2. Membasuh Wajah

Ternyata, dengan membasuh wajah dengan sering, kulit Anda bisa lembab, lho! Asal air yang digunakan adalah air biasa dengan suhu yang biasa saja. Jangan terlalu lama ketika mandi agar kulit tak semakin kering.

3. Pintar Memilih Pelembab

Pelembab yang bagus untuk kulit Anda yang kering adalah pelembab yang mengandung minyak zaitun dan jojoba oil. Selain kedua itu, bahan lain yang cocok untuk melembabkan kulit kering adalah lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum. Gunakan pula pelembab yang teksturnya berminyak dan kental, karena itu akan lama menjaga kelembapan kulit wajah Anda.

4. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Baca Juga : Tips Kecantikan Ala Artis Korea Yang Bisa Anda Contoh

Seperti yang kita tahu, alkohol memang tidak baik dan bila diaplikasikan ke wajah, tentu sangat tidak baik. Untuk itulah, produk wajah yang mengandung alkohol sebaiknya jangan Anda gunakan.

Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

Banyak orang yang memiliki rasa kurang percaya diri terhadap produk-produk drug store untuk melembabkan kulit yang kering pada wajah. Sehingga, mau tidak mau mereka lebih memilih cara alami untuk menghilangkan kulit yang kering tersebut. Dengan cara alami, akan lebih sedikit mengalami efek samping yang akan ditimbulkan. Dan berikut adalah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit yang kering :

Makan Ikan. Mungkin ini adalah cara yang paling mudah. Dengan makan ikan yang mengandung asam lemak, kulit Anda akan semakin terhidrasi dengan baik.

Minum air putih yang banyak. Dalam sehari, minimal minum 8 gelas agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Gunakan lidah buaya. Sekarang sudah banyak produk yang menggunakan lidah buaya. Anda bisa menggunakannya sebagai pelembah sehari-hari untuk menghidrasi kulit kering.

Masker dengan yoghurt dan telur. Kandungan protein pada keduanya memang bagus untuk mengatasi kulit yang kering. Kandungan dari kedua bahan tersebut juga sangat bagus untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Pakai masker alpukat yang dicampur dengan madu. Dengan kedua bahan tersebut, akan menghidrasi kulit dengan baik serta kandungan asam lemak pada alpukat memiliki sifat antibakteri.’

Minyak almond yang dikenal untuk menjaga kecantikan juga menjadi pelembab alami yang bagus untuk melembabkan kulit.

Tips Memilih Skincare yang Tepat Untuk Kulit Kering 

Dari beberapa uraian yang ada di atas, tentu Anda berpikir untuk lebih merawat kulit Anda yang kering. Untuk zaman sekarang, memang lagi hits banget beberapa produk skincare untuk berbagai jenis kulit termasuk untuk jenis yang kering. Nah, jika Anda tidak ingin salah memilih skincare, inilah tips untuk memilih skincare yang benar bagi kulit Anda yang kering :

Gunakan skincare yang mengandung pelembab seperti bahan urea, gliserin, asam laktat, lanolin, dan petroleum. Itu sangat cocok untuk jenis kulit yang kering.

Karena kulit Anda tak ada aktivitas dari kelenjar minyak, jadi pilihlah skincare yang mengandung minyak seperti jojoba oil, minyak zaitun dan lain sebagainya.

Pilih juga skincare yang mengandung bahan dasar dari air, karena sangat baik untuk menghidrasi kulit kering.

Dari pada skincare yang teksturnya lotion, pilih skincare yang teksturnya krim.

Pilih juga skincare yang mengandung sifat gentle skin cleanser

Jangan pilih skincare yang mengandung alkohol, pewangi, dan deterjen.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Flek Di Wajah Menggunakan Bahan Alami

Kini Anda sudah tahu banyak mengenai banyak hal dari kulit yang kering, kan? Bila Anda memang memiliki tipe kulit wajah seperti ini, segera ubah cara perawatan kulit wajah Anda yang salah dan ikuti cara yang sudah kami jelaskan agar kulit kering Anda bisa segera diatasi dengan baik.

Keyword : kulit kering

Deskripsi : Kulit kering adalah situasi di mana kulit Anda terlihat kasar dan kurang bercahaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel